Operasi Katarak dan 1.000 Kacamata Gratis untuk Masyarakat Anambas

Loading...
Banner Anambas Kiriman

ANAMBAS (suarasiber) – Rangkaian HUT ke-17 Provinsi Kepri masih diperingati di Kabupaten Anambas. Masyarakat mendapatkan pelayanan operasi katarak serta pembagian kacamata plus/minus gratis pada hari Selasa (15/10/2019).

Disediakan 1.000 kacamata gratis bagi warga yang membutuhkannya. Kegiatan ini kerja sama Pemprov Kepri, Pemkab Anambas, RS Pusat Mata Nasional Cicendo Bandung, Badan Amil Zakat (BAZ) Anambas, Universitas Batam dan pengurus NU Kepri.

Panitia melibatkan 16 tenaga medis khusus mata. Masyarakat pun memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan pengobatan. Bakti sosial kesehatan ini dilangsungkan di RS Anambas.

Menurut Plt Gubkepri H Isdianto, kesehatan adalah modal utama dalam kehidupan. Karena dengan tubuh yang sehat, pekerjaan akan bisa dilakukan dengan baik. Terlebih lagi menyangkut kesehatan mata yang merupakan jendela cakrawala dunia.

Kesehatan mata sendiri penting, mengingat berdasarkan data nasional 70 persen pnduduk di Indonesia buta karena disebabkan katarak.

Sementara itu, Wabup Anambas Wan Zuhendra mengatakan penyakir katarak di Anambas banyak diderita oleh masyarakat nelayan. Penyebabnya karena terik matahati serta pantulan air asin yang langsung mengarah mata, hal itu menjadi penyebab utamanya. (hs)

Loading...