Cedok Udang di Pulau Pengujan, Tangkap dan Masak Sendiri, Sedapnya…

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ingin merasakan nikmatnya menyantap daging udang segar hasil tangkapan sendiri? Semuanya dilakukan di pantai berpasir menawan. Hmm… sedapnya.

Cedok Udang, itulah salah satu hal yang bisa dilakukan di Pulau Pengujan, yang lokasinya tak tak begitu jauh dari Kawasan Wisata Terpadu Lagoi, Bintan, Provinsi Kepri. Saat ini pihak pemerintahan desa setempat tengah aktif mengembangkannya sebagai pulau wisata.

https://www.instagram.com/p/ByhWA6SlSea/

Kepala Desa Pengujan, Zulkifli intensif melakukan pertemuan dan pendekatan ke masyarakat tentang rencana pengembangan destinasi wisata berbasis masyarakat ini. Seperti dilakukan di Aula Kantor Desa Pengujan, 23 Oktober 2019 lalu.

Ada perangkat desa, tokoh masyarakat, ulama, tokoh pemuda, pelaku usaha kecil, ibu rumah tangga yang diajak berdiskusi tentang rencana tersebut. Zulkifli mengundang praktisi pariwisata Kepri, Sapril Sembiring yang memandu jalannya diskusi.

“Kami menyamakan pemahaman terhadap rencana pengembangan Pulau Pengujan tadi,” ujar Zulkifli.

https://www.instagram.com/p/BV56fdbFsH7/

Ditambahkan Zulkifli, yang ingin dicapai dengan pengembangan Pulau Pengujan ialah mempu mendorong dan meningkatkan perekonomian Desa Pengujan.

Zulkifli pun membeberkan, Pulau Pengujan memiliki banyak hal untuk dikemas menjadi destinasi wisata unggulan. Jika dikelola dengan baik, dipromosikan dengan baik akan mengundang wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk datang.

Potensi-potensi itu diantaranya masyarakat yang menjaga keramahan, termasuk kepada pendatang. Lalu keberadaan wisata sejarah berupa Makam Panjang, kelong udang, kuliner kampung, pentai selatan Pulau Pengujan dan aktivias nelayan saat menangkap udang.

“Sudah dikenal umum, udang dari Pengujan memiliki kualitas yang bagus. Kita bisa mengemasnya menjadi paket wisata Ceok Udang,” ujar Zulkifli.

Cedok Udang digambarkan sebagai cara menikmati udang dengan sensasi beda. Karena wisatawan akan mengambil sendiri (cedok) udang di kelong. Sudah pasti hal ini akan seru karena tak semudah dalam bayangan untuk menangkap udang.

Selanjutnya udang hasil tangkapan sendiri bisa dimasak sendiri atau dimasakkan karena ada kampung kuliner yang juga menyediakan seafood.

Para traveller, sudah membayangkan bagaimana serunya berwisata ke Pulau Pengujan? Tunggu informasi di suarasiber, portal yang rajin mengupas tempat wisata baru di Kepulauan Riau. (man)

Loading...