Ribuan Warga Kepri Dukung World Cleanup Day

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – World Cleanup Day (WCD) 2019 yang dilaksanakan serentak pada 21 September 2019 sedunia juga bergaung di Kepri. Ribuan relawan dari 7 kabupaten dan kota membersihkan sampah di banyak titik.

Bahkan di Kepri, pemerintah menetapkannya sebagai rangkaian kegiatan hari jadi ke-17 Kepulauan Riau.

Beberapa hari menjelang aksi, Plt Gubernur Kepri H Isdianto mengatakan WCD 2019 di Kepri dilaksanakan oleh segenap elemen. Mereka terdiri dari pemerintah, swasta, sekolah, komunitas dan masyarakat umum.

Menurut Isdianto, WCD menjadi momen yang bisa dijadikan pembelajaran. Semuanya bertindak untuk tujuan sama tanpa harus menuding siapa yang membuang sampah dan sebagainya.

Senada dengan Isdianto, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengajak semuanya yang berpartisipasi dalam kegiatan ini menjalankannya dengan ikhlas.

Ketua WCD Kepri, Nunung Rozalina mengatakan titik lokasi utama Provinsi Kepri masih di daerah Pelantar I, II, III dan Pelantar KUD, Kota Tanjungpinang.

[embeddoc url=”https://suarasiber.com/wp-content/uploads/2019/09/Daftar-Susunan-Acara-WCD-Kepri-2019-1.pdf” download=”all”]

Di tempat titik kumpul utama, yakni Gedung Daerah, juga diselenggarakan Eco Bazar yang menampilkan lomba daur ulang limbah.

Di Batam, salah satu instansi yang terlibat dalam World Cleanup Day 2019 adalah PT Adhya Tirta Batam (ATB). Koordinator Pelaksana ATB Bank Sampah, Panji Antariksa saat WCD di Batam mengatakan peduli sampah bisa dimulai dari diri sendiri.

Selama ini ATB telah berkontribusi dalam mengelola sampah melalui program ATB Bank Sampah. Program ini bahkan mendapatkan apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam yang menilainya sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah menuju Indonesia Zero Waste 2025.

Di Batam sendiri ada 6 titik pelaksanaan World Cleanup Day 2019, yakni area Welcome To Batam, Kecamatan Galang di Pulau Sembulang, Kecamatan Nongsa di Pulau Buntal, Kecamatan Sei Beduk di Piayu Laut, Kecamatan Batu Aji serta Kecamatan Sagulung.

Di kabupaten dan kota lainnya di wilayah Kepri juga sudah ditentukan titik-titiknya untuk memermudah koordinasi.

“Untuk Batam, sudah dua kali berpartisipasi dalam World Cleanup Day,” jelas Leader World Clean Up Day Batam, Muhammad Zulkarnain Purba, Sabtu (21/9/2019).

Para peserta atau relawan tampak bersemangat membersihkan sampah sebagai bentuk Indonesia mendukung World Cleanup Day.(man)

Loading...