Bersihkan Pantai Jemaja, Terkumpul 12 Lori Sampah

Loading...

JEMAJA (suarasiber) – Sehari setelah peringatan hari kemerdekaan RI, masyarakat Jemaja membersihkan sampai di pantai setempat. Sedikitnya 12 ton sampah dibersihkan pada 18 Agustus 2019 itu.

Gerakan bersih pantai ini sesuai dengan surat edaran Bupati Kepulauan Anambas nomor : 24/KDH.KKA.050/VIII.2019 Tanggal 12 Agustus 2019 Tentang Gerakan Menghadap Laut 2.0. Gerakan ini menjadikan lautan sebagai halaman depan yang harus dijaga keasrian dan kelestariannya.

bersih sampah jemaja 12 ton
Sampah dari pembersihan pantai di jemaja sebelum diangkut menggunakan truk. Foto – hariyadi/suarasiber

“Gerakan ini akan kita jadikan agenda rutinitas di pemerintah kecamatan Jemaja,” ungkap Camat Jemaja Abdullah Sani.

Pelaksanannya minimal satu minggu sekali atau bisa juga dengan diberi nama kegiatan Jumat Bersih. Namun sebelum dijadikan agenda rutin, Kecamatan perlu menyosialisasikannya kepada masyarakat melalui RW dan RT, tokoh masyarakat dan elemen lainnya.

“Alhamdulillah, saat ini masyarakat kami semangat untuk membersihkan lingkungan di wilayah RT masing-masing. Kami dari pihak kecamatan telah menyampaikan di setiap desa Samapi ke tingkat RT untuk memperhatikan lingkungan sekitar,” kata Abdullah Sani.

Baca Juga:

Tak Ada Orang Hebat, Meski di Puncak Kepemimpinan

7 Pejabat Pemprov Kepri, dan 1 Pejabat Kemenpar Antre Diperiksa KPK

Bengkel Propeller di Depan Makam Pahlawan Tanjungpinang Bikin Warga Sekitar Mengungsi

Ia menyerukan, bagi warga yang rumahnya di atas laut untuk tidak membuang sampah rumah tangga ke laut. Kesadaran untuk membuang sampah di tempatnya harus benar-benar ditanamkan di hati.

Pada hari itu, ia menyebut ada 12 lori atau truk sampah hasil pembersihan di pantai di Jemaja. (mat)

Loading...