free page hit counter

Mau Ikut Pelatihan Keterampilan Gratis? Ini Caranya

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pelatihan keterampilan gratis alias tak dipungut biaya? Benar, itulah program yang saat ini tengah dijalankan Pemkab Bintan.

Ada beragam keahlian yang bisa diikuti angkatan kerja (pencari kerja) di Kabupaten Bintan ini. Dikabarkan pula, kegiatan ini bahkan tidak membebani APBD Bintan.

Peserta bisa mengikuti pelatihan perakitan komputer. Foto – suarasiber

Pelatihan keterampilan itu ada yang sudah berjalan, sedang berjalan, dan akan berjalan hingga tahun 2020. Pelatihan berbasis kompetensi (PBK) itu, antara lain untuk bidang otomotif (mesin), pariwisata, teknisi fiber optik, perakitan komputer, desain grafis, dan lain-lain.

Setelah Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan melakukan terobosan besar. Dengan cara menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat. Dan, menjalin komunikasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di berbagai daerah di Indonesia.

Karena jumlahnya terbatas, dilakukan seleksi dengan syarat utama ber-KTP Bintan. Untuk memastikan yang ikut PBK, adalah yang benar-benar punya keinginan kuat mendapatkan keterampilan. Ini adalah semacam kursus keterampilan gratis.

“Saat ini kita sedang melaksanakan tes seleksi PBK di Disnaker Bintan. Untuk program pelatihan teknisi fiber optik, perakitan komputer, desain grafis, dan lemari pendingin,” kata Indra Hidayat, Kadisnaker Bintan menjawab suarasiber.com, Jumat (6/9/2019).

Ditambahkannya, peserta yang lulus tes seleksi akan diberangkatkan ke BBPLK Bekasi pada tanggal 15 September 2019. Indra membenarkan saat ini Bintan, yang memiliki potensi industri, dan pariwisata belum memang memiliki BLK sendiri.

“Ke depan kita pasti berupaya agar Kabupaten Bintan punya BLK sendiri. Mengingat, potensi ketenagakerjaan di Bintan saat ini. Untuk sekarang kita jalin kerja sama dan komunikasi dengan BLK di berbagai daerah. Agar, anak-anak kita di usia produktif punya keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan dunia kerja,” jelas Indra.

kursus unik
Atau yang hobi desain grafis juga bisa ikutan program ini. Foto – suarasiber

Bagi yang ingin ikut kursus unik karena gratis ini, bisa menghubungi Disnaker Bintan di Jalan MT Haryono Batu 3 Kota Tanjungpinang, di jam kerja. Mereka bisa menanyakan terlebih dahulu kepada petugas bidang apa saja yang dilatih.

Akan lebih baik jika diantara beberapa pilihan bidang keterampilan tadi ada yang sesuai dengan bakat amau minat calon peserta. Warga pun diharapkan memanfaatkan kesempatan gratis yang bentuknya pelatihan keterampilan. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •