Industri Shandong Bisa Diterapkan di KEK Galangbatang, Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mewakili Pemprov Kepri menerima kunjungan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Shandong, China Zhang Xing Cheng beserta beberapa rombongan, Ahad (22/9/2019) di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Pejabat dari Shandong menawarkan kerja sama pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kepulauan Riau, khususnya Galangbatang, Kabupaten Bintan.

Zhang Xing mengatakan jika lokadi Bintan, Kepulauan Riau, sangat cocok untuk dikembangkan KEK. Bahkan apa yang sudah dilakukan di Provinsi Shandong, bisa diterapkan di Bintan.

“Kami mengundang Bapak Gubernur untuk berkunjung ke Shandong. Kita lihat KEK di sana yang sudah berjalan sangat besar. Dampak positifnya sangat luas terhadap masyarakat. Baik secara ekonomi maupun sosial. Dan jika KEK seperti di Shandong tersebut diterapkan disini, tentu akan sangat bagus sekali,” kata Zhang Xing Cheng.

Hadir mendampingi Plt. Gubernur dalam kesempatan ini Asisten I Raja Ariza, Kepala Biro Ekonomi Heri Andrianto dan Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi.

Zhang Xing Cheng sendiri siap berbagi pengalaman KEK di Sandong untuk diterapkan di Kepri. Apalagi semenjak KEK Sandong dibentuk, sampai saat ini penilaian masyarakat sangat positif.

“KEK telah banyak memajukan masyarakat. Dan semua masyarakat memberikan penilaian yang baik. Dan kami siap untuk berbagi pengalaman di sana untuk masyarakat Kepri,” katanya.

Sementara itu Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengatakan bahwa setiap program yang bertujuan meningkatkan perekonomian Kepri akan didukung sepenuhnya. Yang terpenting, lanjut Isdianto, program tersebut harus pro masyarakat dan jika disana ada melibatkan tenaga kerja, juga harus mengutamakan pekerja lokal.

Selain itu, pangusaha China juga agar tidak sebatas memandang KEK di Galangbatang saja. Namun agar memperhatikan juga daerah lain diseluruh Kepri, yang semuanya memiliki SDA yang bagus untuk dijadikan tempat berinvestasi.

“Kita sangat berharap, tidak melihat Galangbatang saja. Tapi para investor juga melirik daerah-daerah lain di Kepri. Dan pada prinsipnya atas niat baik ini Pemprov Kepri akan memberikan suport secara penuh,” kata Isdianto.

Majunya sebuah negara, lanjut Isdianto, karena ada kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah.

“Kalau jadi nanti benar-benar jadi berinvestasi. Pesan saya hanya satu, anak-anak lokal harus diprioritaskan untuk bekerja. Pokoknya sepanjang program itu jelas dan pro rakyat, kita akan mendukungnya,” tegas Isdianto lagi. (mat)

Loading...