free page hit counter

HUT TNI, Danlanal Tarempa Sampaikan 5 Pesan Kasal

ANAMBAS (suarasiber) – Lanal Tarempa menyelenggarakan upacar HUT ke-75 TNI AL di Mako Lanal Tarempa, Selasa (10/9/2019). Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim memimpin upacara ini.

Kepada peserta upacara, Nur Rochmad menyampaikan lima pesan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM yang harus diterapkan di tubuh TNI Angkatan Laut.

Lima pesab itu ialah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Kedua, jawab tantangan ke depan dengan upaya membangun SDM yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada sumpah prajurit, sapta marga, delapan wajib TNI, dan trisila TNI Angkatan Laut.

lanal tarempa hut tni 1
Foto – hariyadi/suarasiber

Ketiga, kembangkan diri dan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengembang pola pikir, pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif.

Keempat, jalin persatuan dan kesatuan dengan semua lapisan masyarakat sebagai sistem kekuatan dasar pertahanan, dan jalin solidaritas dan sinergitas dengan kepolisian.

“Kalima kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai-nilai dan tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari,: ujar Danlanal.

Baca Juga:

Oknum Pengusaha Kemplang Pajak Tambang, Awe Naikkan Tarif Pajak

Indonesia vs Thailand di TVRI dan Mola TV, 10 September Pukul 19.30 WIB

Ayo Olahraga, di Mana Saja, Kapan Saja

TNI AL, sebut Nur Rochmad, telah menunjukkan jati diri selama 74 tahun sebagai komponen pertahanan yang tangguh di tengah lingkungan strategis yang kian dinamis ancaman tradisional dan non tradisional pada lingkup nasional dan regional.

“Maka kita dituntut untuk lebih perhatian dan melakukan tindakan mitigasi yang tepat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia. Terutama pada pelaksanaan tugas sesuai Undang-undang,” ujar Danlanal.

Seperti yang diamanatkan dalam pasal 9 Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur tugas Angkatan Laut yaitu bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim serta pembinaan wilayah pertahanan laut.

Lebih lanjut ia mengutarakan, program TNI Angkatan Laut yang selaras dengan visi Pemerintah Indonesia lima tahun ke depan yaitu peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia.

“Karena itu merupakan bekal pokok di jalur kemajuan Bangsa Indonesia,” ucapnya.

Usai menggelar Upacara, Danlanal dan seluruh peserta upacara disuguhi pertujukan pemasangan senjata laras pendek dan laras panjang oleh personel Lanal Tarempa. Kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng. (hs)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •