Lima ABK Tugboat Tenggelam Diserahkan ke Agen

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Personel Pos Pemantau (Posmat) Mentigi yang berada di jajaran Lantamal IV Tanjungpinang terlibat dalam penyelamatan 5 anak buah kapal (ABK) Tugboat Charly yang tenggelam di Perairan Pulau Ngenang, Jumat (18/1/2019).

Tenggelamnya Charly diterima petugas jaga di Posmat Mentigi. Pemberi informasi adalah kapal Tugboat Berkah 3. Setelah mendapatkan informasi disertai lokasi pasti, personel Posmat Mentigi segera meluncur.

Di lokasi sudah terlihat Speedboat KPLP KN – 547. Evakuasi pun segera dilakukan. Ke-5 ABK termasuk nakhoda TB Charly yang sementara diselamatkan Tugboat Berkat 3 kemudian dipindahkan dan dibawa ke Pangkalan KPLP Tanjunguban.

Baca Juga :

Lagi, Kapal Tenggelam di Perairan Kepri

Dihalau dari Jemaja, 34 Perempuan Penghibur Dipulangkan Disaksikan Ratusan Warga

Kronologi Meninggalnya Siswa SD Terseret Arus dan Ditemukan Nyangkut di Palang Parit

Bangunan Berbiaya Rp11 Triliun Ini Diharapkan Jadi Ikon Baru Batam, Apa Itu?

Dibangun Portugis 400 Tahun Lalu, Rutan Tanjungpinang Masih Tak Mempan Serangan Tikus dan Rayap

Dari keterangan Nakhoda TB Charly, kapal yang dikemudikannya berangkat dari Tanjunguban tujuan Pulau Burung, Guntung. Muatan yang dibawa berupa 250 ton bio solar milik PT RSUP Pulau Burung.

Kapal tenggelam karena buritan kapal terlepas akibat dihantam ombak. Tanpa penghalang, air laut pun dengan cepat masuk ke kapal. Tenggelamnya kapal pun berlangsung cepat.

Beruntung pada saat kritis tersebut, lewatlah Tugboat Berkat 3 yang mengontak Posmat Mentigi serta melakukan upaya pertolongan. Lima orang dinaikkan ke kapal tugboat ini.

Hasil koordinasi Posmat Mentigi dengan Pasiops KPLP Tanjunguban, 5 orang ABK TB Charly yang selamat akan diserahkan kepada keagenan dalam hal ini PT Cahaya Belawa Inhil Tembilahan. (mat)

Loading...