Curigai Kapal Manuver, Dikejar, Rupanya Muat BBM Diduga Ilegal

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Komitmen Koarmada I pimpinan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono SE MM untuk penegakan hukum di laut kembali berbuah. Kali ini sebuah kapal tanpa nama diamankan di Periran Utara Takong Iyu Karimun, Minggu (9/9/2019).

Penangkapan dilakukan oleh personel KRI Silea-858 yang tergabung dalam Ops Malaka Sagara-18 BKO Guspurla Koarmada I.

[irp posts=”10022″ name=”KRI Rencong-622 Terbakar dan Karam Saat Operasi BKO Guskamla III”]

[irp posts=”9868″ name=”TNI AL Tangkap Kapal Tanker, Dugaan Pelanggarannya Banyak”]

[irp posts=”8586″ name=”Nekat Bawa Barang Larangan, Dicegat TNI AL”]

Penangkapan berawal saat KRI Silea-858 berpatroli di Perairan Utara Takong Iyu Karimun dan curiga ada kapal kargo sedang bermanufer. Tak mau kecolongan, KRI Silea-858 mengejar dan menangkapnya.

Kapal tanpa nama itu dinakhodai Syarifudin, tonase 20-30 GT, berjenis kargo, milik Apeng, muatan HSD 20-an ton. Jumlah ABK tiga orang, semuanya WNI.

Dari pemeriksaan diduga kapal tersebut berlayar tanpa dilengkapi dokumen kapal, dokumen personel, dan dokumen muatan. Selebihnya, diduga memuat BBM ilegal.

KRI Silea-858 pun mengawal kapal tanpa nama itu ke dermaga Lanal TBK. Selanjutnya dilaksanakan serah terima kapal dan ABK di Geladak KRI Silea 858 dari Komandan KRI Silea-858 Mayor Laut (P) Romi Sitorus kepada Lanal TBK dalam hal ini Pjs. Pasops Lanal TBK Lettu Laut (KH) Willy Wardhana. (mat)

Loading...