Tanjungpinang Raih Penghargaan Kota Layak Anak Madya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise, menyerahkan penghargaan kepada Penjabat Wako Tanjungpinang, Raja Ariza atas keberhasilan Tanjungpinang sebagai Kota Layak Anak Tingkat Madya.

Penyeragan penghargaan ini dilakukan di Dyandra Convention Center Surabaya, Senin (23/7/2018). Selain Kota Tanjungpinang, ada 10 provinsi, 126 kabupaten/kota dari 23 Provinsi di Indonesia yang juga mendapatkan penghargaan sama.

Mendapatkan pengakuan sebagai Kota Layak Anak, Tanjungpinang dinilai berkomitmen mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak serta para kader yang telah menyuarakan hak anak. Kategori penghargaan yang diterima Kota Tanjungpinang tahun ini naik gradenya, tahun sebelumnya tingkat pratama.

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada organisasi perangkat daerah terkait, khususnya DPPPAPM serta seluruh masyarakat yang telah berusaha keras mendukung program pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, Tanjungpinang berhasil naik peringat dari tahun 2017 kategori pratama menjadi kategori madya di tahun 2018. Ini merupakan sebuah kebanggaan atas kinerja seluruh aparatur dan masyarakat Kota Tanjungpinang,” ucapnya

Kepala DPPPAPM Dr H Ahmad Yani menerangkan penilaian meliputi lima cluster dari 24 indikator yang harus dipenuhi. Diantaranya cluster hak sipil dan kebebasan dengan indikatornya persentasi anak yang teregistrasi, mendapatkan kutipan akte kelahiran, tersedia informasi layak anak, jumlah anak atau forum anak. Untuk 4 kategori KLA ada beberapa tingkatan sesuai penilaiannya yakni pratama, madya, nindya dan utama. (mat)

Loading...