Bahas Sampah Bersama KPL, Rahma Sebut Aturan Akan Sia-sia Bila Masyarakat Tidak Disiplin

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP menerima kunjungan rombongan Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Tanjungpinang, bertempat di Ruang Rapat Engku Putri Raja Hamidah, Selasa (21/12/2021).

Tomi selaku ketua KPL menyampaikan, komunitasnya ingin mengajak masyarakat bergotong-royong membersihkan dan menjaga lingkungan.

“Kami berencana akan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait kebersihan lingkungan dan menjaga agar lingkungan selalu bersih. Hal tersebut tentunya dengan melibatkan RT, RW, serta lurah setempat,” jelasnya.

Rahma menyambut baik dan berterima kasih atas kepedulian dan dukungan dari KPL akan permasalahan sampah. Rahma mengatakan bahwa masalah sampah adalah kesadaran dari semua pihak, bukan hanya pemerintah dan komunitas tertentu.

“Masalah sampah ini sudah sering kali dibahas, ini bukan hanya menyangkut pemerintah dan komunitas tertentu saja, namun melibatkan masyarakat luas,” ucap Rahma.

Lebih lanjut Rahma mengatakan bahwa kita harus menanamkan sikap disiplin dan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Usaha yang dilakukan baik dari Pemerintah Kota Tanjungpinang maupun kontribusi dari komunitas peduli lingkungan dari tahun ketahun tentang permasalahan sampah sudah banyak kemajuannya.

“Contohnya sudah ada Perda dan Perwako tentang sampah. Namun semua itu akan sia-sia jika masyarakat tak mampu menanamkan sikap disiplin dan kesadaran untuk menjaga lingkungan kita ini,” ucap Rahma.

Rahma menegaskan dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak terhadap masalah sampah ini, khususnya masyarakat.

“Sebaik-baiknya program yang dibuat dan dijalankan pemerintah tapi masyarakat tidak mau diajak bekerja sama, maka semuanya akan sia-sia, karena permasalahan sampah itu sendiri erat kaitannya dengan kesadaran masing-masing individu,” Rahma mengingatkan. ***

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...