Kampung Tanaman Obat dari Karimun Juara 1 Tingkat Nasional

Loading...

KARIMUN (suarasiber) – Tanaman obat yang dikelola sungguh-sungguh di kelurahan Parit, Kecamatan Meral, kabupaten Tanjungbalai Karimun meraih juara pertama tingkat nasional.

Penghargaan ini untuk Kampung Tanaman Obat Keluarga Asuhan Mandiri (Toga Asman) Selasih dari Kementerian Kesehatan RI. Menang untuk kategori perkotaan, penghargaan diterima Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dari Direktur Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Bambang Pranowo di Hotel Royal Surakarta Herritage, Solo, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (20/11/2019).

“Hanya ada 12 juara nasional. Juara satu sampai 4 masing-masing untuk kategori Desa, DPTK dan Perkotaan. Alhamdulillah kita masuk kategori Perkotaan,” ujarnya, seperti dikutip suarasiber dari karimunkab.go.id, Senin (25/11/2019).

Anwar Hasyim menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi stakeholder terkait. Tanpa terjalinnya kerja sama dan kekompakan yang baik, tidak akan bisa terwujud atau bisa meraih prestasi tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi menyebutkan, Kabupaten Karimun sebelumnya juga menjadi juara lomba yang sama.

Pada tahun 2017, Kampung Toga Asman Mahkota Dewa Desa Selat Mendaun, Kecamatan Karimun meraih juara 3 kategori Desa. Berikutnya tahun 2018, Kampung Toga Asman Kunyit Asam Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing meraih juara 1 kateori DTPK.

Rachmadi menekankan, Kampung Toga bukan hanya untuk diperlombakan. Melainkan program membudayakan pengobatan tradiosional, melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresur.

“Kelompok-kelompok asuhan mandiri toga, bukan hanya sekadar menanam tapi juga dimanfaatkan sebagai pelayanan kesehatan promotif dan preventif. Mencegah lebih dari pada mengobati,” imbuhnya. (man)

Loading...