Gubernur Ansar Buka MTQ XVI Tingkat Kabupaten Karimun

Loading...

Suarasiber.com – Disambut meriah oleh ribuan masyarakat, Gubenur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi membuka MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 bertempat di Arena Utama MTQ XVI Kabupaten Karimun, Coastal Area, Selasa (16/04) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun serta tamu undengan lainnya, setelah sebelumnya diawali dengan khotmil Quran.

Adapun tema yang diangkat adalah “Dengan MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, Kita wujudkan SDM yang qurani dalam kehidupan masyarakat Karimun yang BERSIH (beriman sehat indah, harmoni dan madani)”.

MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 berlangsung selama 5 hari, yaitu mulai tanggal 16 sampai dengan 21 april 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 272 orang dan diikuti oleh 14 Kecamatan Se-Kabupaten Karimun. Untuk cabang yang diperlombakan diantaranya tartil Quran, Tilawah Quran, Fahmil Qur’an, Shahril Quran serta Tahfidz Qur’an.

Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Gubernur Ansar mengawali sambutannya dengan menyampaikan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh masyarat Kabupaten Karimun.

“Semoga ibadah yang kita lakukan selama Bulan Ramadhan mampu kita pertahankan dan implementasikan nilainya dalam kehidupan sehari-hari dan dipertemukan kembali pada Ramadhan mendatang,” ucapnya.

Di kesempatan ini, Gubernur Ansar mengajak semua untuk memaknai pelaksanaan MTQ ini sebagai momentum yang memiliki peran yang sangat strategis baik dalam fungsinya untuk menjabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan menjadi pedoman hidup bersama sebagai umat Islam, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial bermasyarakat.

“Jadikan kegiatan MTQ ini sebagai sarana untuk menumbuhkan kecintaaan masyarakat agar selalu mempelajari, memahami dan mengamalkan isi dari kandungan Al-Qur’an,” ajaknya.

Selanjutnya, kepada Dewan Hakim, Gubernur Ansar berpesan agar amanah diberikan sebagai pemberi nilai dalam MTQ kali ini, agar bersikap profesional dan objektif sehingga menghasilkan Qori dan Qoriah yang berkualitas.

“Saya yakin dan percaya kepada para anggota Dewan Hakim yang mendapat tugas dan amanah pada pelaksanaan MTQ kali ini mampu melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin dan berperan dalam meningkatkan kualitas MTQ sebagai wadah evaluasi pendidikan Al Quran,” ujarnya.

Kemudian atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Gubernur Ansar menyampaikan apresiasi dan penghargaan tiada terhingga kepada Bapak Bupati Karimun dan jajarannya serta segenap kepanitiaan atas pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVI Kabupaten Karimun.

“Semoga dengan pelaksanaan MTQ akan melahirkan generasi qur’ani dan semakin menambah syiar Islam sebagai wujud penghambaan kita kepada Allah SWT,” tutupnya

Turut hadir Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Dr. Syarifah, beberapa Kepala OPD Kepri, Forkompinda Kabupaten Karimun, pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Karimun serta Kepala OPD Kabupaten Karimun. (zah)

Loading...