Konsumsi Kunyit Asam Ndoro Ayu untuk Mencegah Penyakit Lambung Kambuh Saat Berpuasa

Loading...

Suarasiber.com – Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Kecuali bagi mereka yang menurut aturan agama tidak diperkenankan untuk berpuasa.

Mengutip nu.or.id, enam orang berikut ini diperbolehkan berbuka puasa di siang hari bulan Ramadan. Pertama, musafir, kedua orang sakit, ketiga orang jompo (tua yang tak berdaya), keempat wanita hamil (sekalipun hamil karena zina atau jimak syubhat). Kelima orang yang tercekik haus (sekira kesulitan besar menimpanya dengan catatan yang tak tertanggungkan pada lazimnya menurut Az-Zayadi, sebuah kesulitan yang membolehkan orang bertayamum menurut Ar-Romli) serupa dengan orang yang tercekik haus ialah orang yang tingkat laparnya tidak terperikan, dan keenam wanita menyusui baik diberikan upah atau suka rela.

Orang yang sedang menjalankan puasa, perutnya dalam keadaan kosong. Dan bagi para penderita penyakit asam lambung dan maag sebenarnya tidak bisa jika perutnya dalam keadaan kosong. Karena, saat perut kosong, yang bersangkutan akan merasakan nyeri dan mual.

Untuk mencegah kambuhnya penyakit lambung, maka para penderita asam lambung bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi minuman herbal yakni, jamu kunyit asam.

Salah satu manfaat daripada kunyit itu adalah mampu untuk mengatasi masalah pada lambung dan pencernaan, seperti maag, kembung, mual dan nyeri perut.

Jamu ini bisa dikonsumsi setelah makan berbuka puasa dan saat sahur. Kalau ada keluhan nyeri lambung sebaiknya diminum setelah makan. Dan kalau saat sahur tidak ada keluhan lambung, maka bisa diminum sebelum makan.

Dan karena kunyit itu mengandung asam, maka, bagi para penderita asam lambung baiknya minum 1 x sehari dengan makan terlebih dahulu, agar tidak menyebabkan keluhan asam lambung datang.

Walaupun demikian, jangan lupa dahulukan minum air putih untuk mencegah dehidrasi karena kurangnya asupan cairan tubuh selama berjam – jam saat puasa. Setelah asupan makan dan minum terpenuhi, barulah mengkonsumsi jamu kunyit asam, yang juga bisa bermanfaat agar tidak mudah lemas dan lapar.

Apakah kita bisa mengkonsumsi jamu kunyit asam setiap hari?

Walaupun kunyit banyak manfaatnya, sebaiknya , hindari konsumsi kunyit secara berlebihan atau tidak terlalu sering.

Perlu diketahui juga, bahwa, tidak boleh menggunakan wadah berbahan logam untuk meracik jamu kunyit asam, karena ada beberapa zat aktif yang dapat bereaksi dengan logam, kecuali bahan tersebut berbahan stainless steel berkualitas tinggi.

Bila Anda sedang membutuhkan jamu segar bugar kunyit asam, bisa mencoba Kunyit Asam Ndoro Ayu (klik untuk menghubungi) yang sudah sekian lama melayani kebutuhan jamu-jamuan.

Saat ini Ndoro Ayu melayani permintaan kebutuhan jamu dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Jamu Kunyit Asam Ndoro Ayu diracik dengan bahan alami untuk meningkatkan stamina tubuh Anda

Selamat mencoba, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca. (jas)

Editor Yusfreyendi

Loading...