Gubernur Kepri Serukan Gapai Derajat Muttaqin di Bulan Ramadan

Loading...

Suarasiber.com – Limpahan berkah yang Allah SWT berikan selama bulan Ramadhan hendaknya dimanfaatkan seluruh umat muslim untuk meraih derajat Muttaqin di hadapan Allah SWT. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat Muslim di dunia. Bulan yang suci dan memiliki banyak keistimewaan di dalamnya.

Keutamaan meraih derajat Muttaqin itu disampaikan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dalam tausiyahnya di Masjid Miftahul Falah, Tanjungpinang, dalam rangka Safari Ramadhan pada Rabu (20/03).

“Tidak ada seorang Muslim pun yang mengingkari segala nikmat yang nyata di setiap detik perjalanan bulan suci Ramadhan,” kata Gubernur Ansar.

Dalam tausiyahnya, Gubernur Ansar Ahmad mengajak seluruh jamaah dan masyarakat Tanjungpinang untuk bersungguh-sungguh beribadah pada bulan Ramadhan agar mencapai derajat manusia Muttaqin sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 183.

Gubernur Ansar Ahmad menjelaskan bulan Ramadhan sangat istimewa karena Allah secara langsung memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk menjalankan puasa seperti orang-orang terdahulu agar mencapai derajat manusia bertaqwa.

“Taqwa sendiri adalah tingkatan yang paling istimewa dan telah berada pada tahapan yang paling tertinggi bagi seorang hamba Allah,” paparnya.

Secara rinci, Gubernur Ansar Ahmad memaparkan derajat manusia menurut Al-Qur’an. Tingkatan yang pertama adalah Muslim, untuk menjadi Muslim dilakukan dengan mengucapkan dua kalimat Syahadat sebagai bukti sumpah terhadap Allah dan Rasulullah Muhammad SAW.

Tingkat yang kedua adalah Mukmin, adalah orang yang mengatakan keimanan dengan lidah, diyakini dengan hati, dan dikerjakan dengan perbuatan.

Selanjutnya adalah level di mana orang-orang selalu merasakan kehadiran Allah dalam setiap kehidupannya, ia merasa melihat Allah dan Allah selalu melihatnya, level ini disebut seorang yang Mukhsin.

Level selanjutnya adalah orang yang disebut Mukhlis, yaitu orang-orang yang ikhlas yang melakukan segala sesuatu semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWT.

Tingkatan terakhir adalah Muttaqin, yaitu orang yang bertaqwa, orang-orang yang bertaqwa adalah orang-orang yang sukses dan berhasil.

Pada akhir ceramahnya, Gubernur Ansar Ahmad juga mengajak seluruh jamaah Masjid Miftahul Falah untuk menyambut bulan Ramadhan kali ini dengan sukacita dan penuh makna.

“Kita menyambut bulan Ramadhan itu harus dengan rona kegembiraan. Bulan Ramadhan penuh dengan ampunan, amal ibadah akan dilipat gandakan. Oleh karena itu, dalam beribadah harus memiliki standar agar bisa selalu ditingkatkan. Kalau ibadah seseorang sudah memenuhi standar yang ia buat, maka suatu saat seseorang dapat meningkatkan porsi ibadahnya tersebut,” jelas Gubernur Ansar Ahmad.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan hibah untuk Masjid Miftahul Falah sebesar Rp150 juta. BAZNAS Kepri juga menyerahkan bantuan untuk fakir miskin dan fisabilillah.

Adapun PJ Walikota Tanjungpinang Hasan yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengatakan Pemko Tanjungpinang akan memberikan bantuan hibah untuk Masjid Miftahul Falah sebesar Rp100 juta pada APBD Perubahan tahun 2024.

“Sedianya kami ingin memberikan Rp25 juta, namun yang Rp25 juta kami tahan dulu supaya bisa kami tambah jadi Rp100 juta di APBD perubahan,” kata Hasan. (Jlu)

Loading...