Buka Musrenbang Bintan 2025, Bupati Roby: Jangan Monoton dan Seremoni Belaka

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten untuk tahun 2025, Selasa (19/03) di Gedung Convention Hall Awandari Bhadra Resort. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan. Hadir di dalamnya Wakil Bupati Bintan, Anggota DPRD Bintan, Sekda Bintan, FKPD Bintan, seluruh Kepala OPD, Camat maupun Lurah/Kades se Bintan, para Tokoh termasuk unsur Ormas, Swasta hingga Akademisi.

Dalam sambutan resminya, Bupati Bintan menyatakan ketegasan dan meminta seluruh pihak khususnya para OPD untuk menciptakan terobosan dan melahirkan inovasi dalam seluruh programnya. Dirinya ingin kegiatan yang ada dan akan dilaksanakan nantinya tidak monoton dan terkesan hanya sebatas seremoni.

“Jangan lagi monoton itu dan itu saja, jangan pula hanya sekedae seremoni belaka. Wujudkan kolaborasi kita semua dengan dasar pemerataan pembangunan, kesejahteraan dan dampak akhirnya langsung dirasakan oleh masyarakat,” tegas Roby.

Berbagai isu dan tantangan yang ada saat ini diharapkannya dapat menjadi sasaran pembahasan yang selanjutnya dapat menghasilkan sebuah solusi. Berbagai prospek pembangunan yang terdiri dari berbagai aspek harus menjadi prioritas sesuai dengan skala kebutuhan yang sejatinya harus diprioritaskan.

Roby meminta, kepada seluruh Perangkat Daerah dalam proses penyusunan RKPD tahun 2025 itu agar dapat melakukan identifikasi kebutuhan secara cermat.

“Serta memperhatikan dengan teliti, setiap usulan prioritas Musrenbang dari tingkat Kecamatan secara efektif dan efisien” tambahnya.

Orang nomor satu di Bintan itu juga menegaskan bahwa agenda-agenda strategis dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia harus terus berjalan. Percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrem, angka stunting yang harus diturunkan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan. Semuanya harus mendapatkan poin yang sesuai untuk dilaksanakan.

“Belum lagi tenaga kerja yang semakin produktif dan kompetitif. Jadi Saya minta perencanaan harus betul-betul rinci, betul-betul detail dan tentunya betul-betul tepat sasaran,” jelas Rony menerangkan.

Musrenbang kali ini memang sedikit berbeda, Pemkab Bintan melaksanakan pembukaan di hari kedelapan Ibadah Puasa Ramadhan 1445. Dilanjutkan dengan buka bersama, diharapkan akan memperkuat kebersamaan sehingga penyusunan RKPD yang dijadwalkan esok hari akan lebih segar untuk membahasa berbagai catatan yang harua diselesaikan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Kejaksaan Negeri Bintan terkait berbagai hal dalam pengawasan maupun pendampingan proses pelaksanaan Pemerintahan. Hal ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen dalam membangun sinergitas para Pemangku Kepentingan yang ada di Bumi Segantang Lada. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...