Pembangunan PLBN Jemaja, Salah Satu Program Usulan Bupati Haris ke BNPP

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Anambas Abdul Haris beserta rombongan mendatangi Kantor Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) beberapa waktu lalu untuk mengajukan sejumlah program.

Salah satu yang diajukan ialah pembangunan kantor Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Jemaja.

Jemaja merupakan wilayah Kabupaten Anambas yang berbatasan dengan Tioman, Malaysia.

Pos lintas batas negara adalah sebuah pos dan tempat pemeriksaan perlintasan keluar masuk manusia dan barang antara dua negara. Otorisasi sering kali dibutuhkan untuk memasuki sebuah negara melalui perbatasannya.

Selain PLBN, Bupati juga mengusulkan penambahan kecamatan Lokpri perbatasan negara, pembangunan beberapa ruas jalan baru dan peningkatan kualitas jalan.

“Serta pembangunan beberapa Sarpras Pemerintahan kecamatan perbatasan negara,” ungkap Abdul Haris.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak memang banyak membicarakan soal Sumber Daya Manusia (SDM), perekonomian rakyat berbasis perikanan dan pariwisata, infrastruktur konektivitas, listrik, serta penyediaan air bersih.

Bupati Haris juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kerja sama yang terjalin antara BNPP dengan Anambas. Khususnya dalam mendukung program rehabilitasi sepuluh kantor desa yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Farida Kurnianingrum, yang menerima kunjungan tersebut menyampaikan, pada prinsipnya BNPP mendukung upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

“Hal ini menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan pengelolaan wilayah perbatasan yang strategis,” ujarnya, dikutip dari laman resmi BNPP.

Menurut Farida, pihaknya mencatat semua aspirasi yang disampaikan Bupati Anambas dan akan mengoordinasikannya dengan Kementerian dan Lembaga terkait.

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran Bupati Anambas dan rombongan di BNPP, dan kami akan segera merespons usulan dari Bupati Anambas dengan koordinasi bersama Kementerian dan Lembaga terkait,” tegas Farida. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...