Harga Cabai di Anambas Rp120 Ribu Per Kilo, Begini Solusi Gubernur Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Harga cabai di Kabupaten Anambas tembus Rp120 ribu per kilogram. Harga ini menjadi yang tertinggi di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri yang hanya Rp90-an ribu.

Kenaikan ini disebut dikarenakan cuaca buruk yang terjadi belakangan ini sehingga menurunkan produktivitas petani dan menghambat distribusi lewat jalur laut.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Selasa (27/2/2024), tak menampik harga cabai yang begitu “pedas” di Anambas.

Ia berjanji langsung mengecek penyebabnya. Jika distribusi menjadi penyebab, bisa diangkut menggunakan kapal-kapal ikan berukuran besar.

Kepada wartawan di Batam, Ansar juga mengatakan akan mencoba memenuhi pasokan cabai melalui kerja sama antardaerah (KAD) dengan Provinsi Sulawesi dan Aceh yang merupakan provinsi penghasil cabai.

Kedua provinsi tersebut merupakan daerah penghasil cabai yang surplus jika dibandingkan dengan provinsi lainnya.

“Kalau cabai tadi udah kami sampaikan memang pasokan kita agak berkurang tapi kami sudah melakukan kerja sama dengan beberapa provinsi yang hari ini masih surplus cabainya, seperti Sulawesi dan Aceh, juga untuk meringankan beban harga jual nanti,” kata Ansar, dikutip dari antaranews.com.

Ia menambahkan pihaknya melalui Dinas Pertanian sudah komunikasi bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) terkait subsidi transportasi pengangkutannya. (jas)

Editor Yusfreyendi

Loading...