Korea Utara Baru Mulai Mencoba 4G

Loading...

Suarasiber.com – Banyak negara di dunia menggunakan jaringan 5G, termasuk Indonesia. Meski begitu masih ada negara yang baru mau mencoba menggunakan 4G.

Melansir Daily NK melalui Gizmochina, Selasa (16/1/2024) untuk keperluan ini Korea Utara membeli infrastruktur yang pernah dipakai China saat menggunakan 4G. Infrastruktur ini sebagian besar dibeli dari Huawei.

Enam kota yang direncanakan akan menggunakan 4G adalah Pyongyang, Nampo, Pyongsong, Sariwon, Wonsan, dan Hamhung. Layanan 4G sendiri saat ini baru tersedia di pusat kota Pyongyang.

Target Pemerintah Korea Utara ialah menyelesaikan 80 persen pembangunan infrastruktur 4G pada 2025.

Menurut pengakuan warga Pyongyang yang menggunakan 4G, sinyalnya sangat bagus saat browsing intranet atau menonton acara televisi.

Meski demikian, kendala yang dilaporkan pelanggan ialah sinyal melemah begitu pengguna menjauh dari BTS. Hal ini membuat tidak serta merta pemilik ponsel 3G di Korea Utara akan menggantinya dengan 4G.

Negara ini memiliki dua operator jaringan 3G yaitu Byol dan Koryolink.

Penduduk Korea Utara sekitar 26,2 juta, 28,3 persen di antaranya menggunakan internet seluler, hanya seperempat yang terhubung ke internet menggunakan ponsel. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...