HATI-HATI! Pencurian Akun Instagram Pakai Modus Baru

Loading...

Suarasiber.com – Pengguna Instagram agaknya perlu berhati-hati, sebab pencurian akun kini digunakan orang-orang jahat. Modusnya juga terus berubah.

Belakangan, mereka menggunakan teknik phising. Kabarnya, sistem pencurian ini bisa membobol akun Instagram tanpa membutuhkan kode autentikasi dua faktor (2FA).

Adalah perusahaan keamanan siber Trustwave yang mengumumkan fenomena ini. Para pencuri mengincar backup code atau kode cadangan untuk mengambil alih akun pengguna.

Selama ini pengguna internet diajarkan mengaktifkan 2FA untuk memberi lapisan keamanan tambahan di akunnya. 2FA bisa berupa one-time password yang dikirim lewat SMS atau WhatsApp, atau dibuat oleh aplikasi authenticator.

Hal lain yang disediakan Instagram yaitu backup code. Kode ini bisa digunakan oleh pemilik akun untuk login karena mungkin ponselnya hilang. Jadi ia tidak memilih metode 2Fa untuk login, melainkan backup kode.

Namun Instagram hanya membatasi lima backup code di mana satu kode hanya bisa digunakan sekali.

Karenanya, pemilik akun yang menerima email yang mengatasnamakan dari Meta harus berhati-hati. Isinya seolah-olah berupa peringatan jika pemilik akun sudah melanggar aturan Meta dan harus mengajukan banding jika ingin akunnya tetap bisa digunakan.

Kepintaran pencuri, sebut 9to5Mac, Sabtu (23/12/2023), akan mengalihkan halaman phising yang mirip portal resmi Meta ketika emailnya diklik. Korban akan diminta memasukkan email dan kata kunci Instagram.

Berikutnya, pencuri akan bertanya apakah calon korban sudah mengaktifkan 2FA. Jika pengguna menjawab ‘Yes’, penjahat siber akan meminta pengguna untuk memasukkan satu dari lima backup code. Mereka bahkan menjelaskan langkah-langkah untuk mendapatkan backup code di aplikasi Instagram.

Jika Anda merasa pernah mengalami kejadian ini, segera ganti kata kunci dan bikin backup code baru. Caranya mudah, tinggal buka Instagram, masuk ke Pengaturan dan privasi > Pusat akun > Kata sandi dan keamanan > Autentikasi dua faktor > pilih akun Instagram > Metode tambahan > Kode cadangan > Dapatkan kode baru.

Semoga bermanfaat. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...