Pelaku Wisata Asia Tenggara Ikuti ASITA Kepri Travel Mart 2023

Loading...

BATAM (suarasiber.com) – Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DPD Kepulauan Riau kembali menggelar ASITA Kepri Travel Mart 2023 yang akan berlangsung di AP Premier Hotel Ballroom Batam, Sabtu (28/10/2023) mendatang.

Ketua DPD ASITA Kepri, Eva Betty menyebut kegiatan ini diikuti 42 seller dan 64 buyer.

“Seller adalah travel agent Batam, hotel Batam dan Kepri, atraksi wisata yang ada di Batam dan Kepri. Adapun buyer adalah travel agent, tour operator dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya Jakarta, Surabaya, Makasar dan beberapa negara termasuk Singapura, Malaysia, dan Vietnam,Philippine,” sebutnya, Selasa (24/10/2023).

Ia menjelaskan, acara utama dari kegiatan ini ajang business to business (B2B) meeting yakni bertemunya penyedia akomodasi, transportasi, paket wisata , atraksi wisata yang ada baik dari Batam dan Kepri ataupun. Kegiatan ini rutin diadakan oleh DPD ASITA Kepri, sebagai bagian dari upaya ASITA Kepri ikut memajukan pariwisata baik di Batam dan di Kepri.

“Dimana Seller akan mempromosikan pariwisata dikepulauan Riau, khususnya Batam, Bintan, Tanjung Pinang, Natuna , Anambas, Tanjung Balaikarimun, Lingga. Kegiatan ini adalah Travel Mart ke 5 yang diadakan oleh ASITA Kepri,” terangnya.

Dengan adanya travel mart ini, Ia berharap destinasi wisata di Kota Batam khususnya dan Kepri umumnya dapat dikenal dan menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara berkunjung ke Kota Batam. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Dengan adanya travel mart ini, diharapkan untuk Batam dan Kepri bisa menjual lebih banyak lagi objek wisata, atraksi wisata di Batam dan Kepri yang dikenal dan menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke Batam dan Kepri semakin meningkat apalagi para buyer yang datang adalah para pemilik travel agent yang sudah terbiasa membuat dan mengemas paket wisata ke berbagai daerah dan negara di Indonesia,” pintanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digelar oleh ASITA Kepri. Ia menyebut, pada tahun 2019 pariwisata memberikan kontribusi bagi Kota Batam sebesar 24 persen berasal dari hotel, restoran dan hiburan.

“Semoga kegiatan ini berlangsung sukses,” ucapnya.

Ia menyampaikan, Kota Batam merupakan kota yang tepat untuk berpromosi produk wisata. Karena, Kota Batam merupakan wilayah yang strategis berdekatan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

“Posisi Batam luar biasa berdekatan dengan negara maju. 2 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Batam artinya pelanggan kita dari negara tetangga,” tuturnya.

Tak hanya itu, wisatawan domestik menjadikan Batam sebagai pilihan tempat berwisata. Batam merupakan kota yang direncanakan oleh pemerintah pusat hal yakni industri, alih kapal, jasa, pariwisata.

“Jadi Batam sangat terbuka menerima orang-orang yang datang ke Batam,” ucapnya.

Ia menyampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang juga menjabat Kota Batam sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam mengatakan Batam sebagai kota pariwisata. Infrastruktur tengah dikembangkan, Wali Kota untuk memberikan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam.

“Wisatawan ke Batam sangat nyaman dan leisure, amenitas di Batam juga sangat lengkap ada 241 hotel dan 1037 restoran. After kegiatan ini banyak destinasi wisata yang bisa bapak ibu kunjungi,” pungkasnya.(***)

Loading...