Kamis IVA Pemkab Bintan, Upaya Deteksi Dini Kanker Kaum Hawa

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Pemerintah Kabupaten Bintan sejak beberapa tahun terakhir telah gencar dalam menggalakkan program Kamis IVA. Program ini diharapkan dapat mendeteksi sedini mungkin kemungkinan kanker yang dapat mengakibatkan kematian bagi kaum wanita.

Ketua DWP Bintan, Elyza Riani menuturkan bahwa Kanker serviks atau kanker pada leher rahim menjadi ancaman tersendiri untuk kaum perempuan. Dalam Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks dan Pemeriksaan IVA di Gendung Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepri, di Toapaya, Kamis (26/10) pagi.

Selain itu, ia juga menuturkan seminar kesehatan ini membawa banyak manfaat untuk para perempuan agar peduli terhadap kesehatan reproduksinya. Seminar yang dihadirkan langsung oleh narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu dr. Amalia Shadrina,Sp.OG dan dr. Monika Amanda.

“Seminar ini penting untuk mendapatkan ilmu dan informasi manfaat dari Program Kamis IVA agar kaum perempuan peduli terhadap kesehatan reproduksi khususnya dalam mencegah penyakit kanker serviks,” ujarnya

Ia juga menyampaikan bahwa Program Kamis IVA adalah salah satu jawaban dari tindakan yang dapat dilakukan untuk melawan ancaman kanker serviks. Dengan kegiatan seminar, para ibu-ibu juga dapat memeriksa serta berkonsultasi, agar dapat mengenali gejala dini dan mengenali kemungkinan indikasinya.

“Kita juga berharap agar cakupan tahun 2023 ditargetkan akan mencapai sasaran yang lebih maksimal,” tuturnya usai meninjau pemeriksaan IVA. (***)

Loading...