13 Orang Positif Cacar Monyet, Terjadi di DKI Jakarta

Loading...

JAKARTA (suarasiber.com) – Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan penambahan kasus cacar monyet atau monkeypox (mpox). Kini total sudah ada 13 kasus positif yang ditemukan di Jakarta.

“Update monkeypox DKI Jakarta per 25 Oktober 2023 jam 09.00 WIB. Total kasus positif 13 orang,” ujar Kasi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama dikutip dari PMJ News, Kamis (26/10/23).

Berdasarkan data, kasus positif cacar monyet pertama ditemukan pada bulan Agustus 2022. Kemudian pada 13 Oktober 2023, kasus kembali bertambah satu.

Kasus positif terus bertambah hingga mencapai 13 orang. Salah satu pasien positif cacar monyet yang ditemukan pada, Senin (23/10/23), merupakan kontak erat seksual dari pasien positif.

“Dua kasus 23 Oktober 2023. Salah satu yang positif hasil dari kontak erat seksual kasus positif,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sebanyak 11 orang yang menjadi terduga cacar monyet telah menjalani pemeriksaan di laboratorium PCR.

Mengutip rsudblora.blorakab.go.id, cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox, yaitu virus yang termasuk dalam kelompok Orthopoxvirus. Virus ini awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan, seperti tupai, monyet atau tikus, yang terinfeksi virus monkeypox. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...