Riono: Ada Kontainer, Jangan Tumpuk Sampah di Tepi Jalan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasas menginginkan agar Ibu Kota Provinsi Kepri lebih rapih.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Riono.

“Kami sudah rapat dengan Pak Pj kemarin, Pak Wali ingin lebih rapi. Namun kami juga sudah sampaikan agar bisa menambah operasional karena banyak kontainer yang kropos dan operasional lainnya,” terang Riono.

Riono pun mengimbau agar masyarakat membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Kepada para pedagang yang dekat dengan laut atau hutan bakau agar bisa membuang sampahnya di tong sampah.

Sementara masyarakat yang lokasinya dekat dengan kontainer sampah, membangkitkan kesadarannya untuk bisa membuangnya di kotak sampah itu.

Riono tidak menampik, pada saat ini masih ada sejumlah warga yang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Misalnya di Jalan Ganet sudah ada kontainer tapi masih juga buat tumpukan sampah di bahu jalan, padahal sudah diimbau agar membuat pada tempatnya,” ujarnya.

Belakangan ini Pemkot Tanjungpinang melalui DLH sudah membagi-bagikan 1.000 tong sampah agar masyarakat tidak repot membuang dengan jarak yang jauh.

“Kami dari DLH sudah sangat rutin menjalankan tugas pokok dan fungsi, untuk sampah-sampah yang ada di pinggir jalan protokol kerap diangkut setiap pagi dan sore ke TPA,” ucapnya.

Pihaknya berterim akasih kepada Kelompok Peduli Lingkungan (KPL) dan LSM serta intasni TNI-Polri yang selama ini kerap melakukan gotong-royong bersama.

Dinas yang dipimpinnya memiliki 155 orang pegawai, ditambah 70 orang sopir lori beserta kru.

Jumlah tersebut masih terbatas, sehingga pihaknya memaksimalkan upaya. “Setelah salat subuh seluruh personel sudah mulai bekerja semuanya,” ucapnya. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...