Kalahkan Belasan Negara, Tim Riset MAN 1 Kuansing Raih Medali Emas WICE Malaysia

Loading...

MALAYSIA (suarasiber.com) – Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi, Riau berhasil meraih Medali Emas World Invention Competition & Exhibition (WICE) 2023.

Ajang ini diselenggarakan Indonesia Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan MAHSA University (Malaysian Allied Health Sciences Academy). WICE berlangsung pada 21-26 September 2023 di Mahsa University Malaysia.

Dua Tim Riset MAN 1 Kuantan Singingi berhasil mengungguli 253 tim yang berasal dari 20 negara untuk cabang Accoultic dan Stepanink.

“Selamat dan Apresiasi yang sangat luar biasa atas capaian anak- anak kita di ajang WICE di Malaysia. Ini membuktikan, jatidiri anak madrasah semakin unggul dimata dunia,” kata Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin usai menerima kabar keberhasilan tim MAN 1 Kuantan Singingi di Malaysia, Rabu (27/9/2023)

Ucapan selamat juga disampaikan Plt Direktur KSKK Kemenag RI, Sidik Sisdiyanto, atas prestasi MAN 1 Kuantan Singingi yang mengharumkan nama madrasah di kancah Internasional. “Ini prestasi yang luar biasa dan mengharukan nama madrasah di kancah internasional,” kata Sidik.

WICE merupakan ajang kompetisi Internasional bagi peneliti muda berbakat yang aktif dan inovatif. Pada ajang tersebut MAN 1 Kuantan Singingi meriah medali emas untuk STEPANINK: Herbal Tea From Simplivias Yellow bamboo shoot and Takokak Roots AS Antihepatitis B Candidate dan ACCOALTIC dengan judul Accoaltic Bottom loading Dispenser Through Raw Water Source Kuantan River Pollute Hg From Unlicesed Gold kuning Activity.

Kepala MAN 1 Kuantan Singingi Suhelmon menambahkan MAN 1 Kuantan Singingi mengutus dua tim riset pada WICE 2023. Mereka terdiri dari Tim Accoaltic dan Tim Stepanink, beranggotakan masing- masing 5 orang, yaitu Elda Juliana Jelita, Marsya Rizkya Ramadhani, Najwa Azzahra, Muhammad Dino Septama, Muhammad Fadhil, Natasyabrina. Zhafirah Wardani, Cici Amelia Deprita, Nila Mawardini, dan Azriel Akbar Arifin.

“Tahniah untuk ananda dan pembimbing yang yang berhasil meraih prestasi bergengsi tingkat internasional di Malaysia pada WICE, semoga ananda dari tim Riset MAN 1 Kuantan Singingi terus maju, kibarkan terus sayap-sayapmu, Kembangkan terus potensimu dan jangan mudah puas pada satu titik,” ucapnya, dikutip dari kemenag.go.id.

“Tetaplah berjuang, jadikan keberhasilan ini cambuk untuk generasi selanjutnya agar dapat mengikuti jejak ananda-ananda. Mari bersama-sama kita wujudkan MAN 1 Kuantan Singingi untuk Indonesia dan dunia,” pungkasnya. (mus/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...