Bakamla RI Turut Ikuti Aksi World Cleanup Day di Nongsa, Barelang dan Tanjunguma

Loading...

BATAM (suarasiber.com) – Puluhan personel Bakamla RI yang turut aksi World Cleanup Day atau Hari Bersih-Bersih Sedunia berhasil mengumpulkan 12 karung seberat 100 kg sampah di Pantai Bemban Nongsa, Batam, Sabtu (16/9/2023).

Kepala Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Syufenri, S.Sos., M.Si di dalam arahanya mengatakan aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial sebagai personel Penjaga Laut Nusantara untuk menjaga bumi.

“Selain tugas patroli, Bakamla RI juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan laut dari pelanggaran berupa pencemaran atau polusi laut,” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi suarasiber.com.

Ditambahkan, pantai dan laut yang tercemar sampah dapat menggangu ekosistem di laut dan ini berdampak bagi kehidupan manusia dan biota laut. “Terlebih menjadi tanggung jawab kita saat ini supaya laut bersih sehingga dapat kita wariskan kepada anak cucu kita,” ujar Laksma Bakamla Syufenri.

Tidak hanya sendiri personel Bakamla RI juga berkolaborasi bersama unsur masyarakat, siswa sekolah, mahasiswa, lembaga pemerintah dan aparat keamanan. Selain di pantai Bemban Nongsa, pembersihan juga dilaksanakan di Jembatan Barelang dan Tanjunguma. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...