Ansar di HUT SMAN 2 Tanjungpinang: Zaman Bergerak Cepat, yang Cepat Memangsa Si Lambat

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 (SMANDA) Tanjungpinang di Lapangan SMANDA pada Kamis (21/09) pagi.

Kepada murid, ia mengungkapkan jika dunia mengalami perubahan yang sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif.

“Saat ini zaman bergerak cepat, sehingga yang cepat akan memangsa yang lambat. Oleh sebab itu, pentingnya meningkatkan kompetensi dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan,” tutur Ansar.

Ia lantas mengutip perkataan Nelson Mandela, “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia.”

“Artinya sumber kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas pendidikannya,” jelas Ansar.

Setiap orang dituntut untuk menjadi lincah, cepat dan cekatan. Kondisi ini dinamakan dengan VUCA yang merupakan akronim dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks), dan Ambiguity (tidak jelas).
Hal ini juga mengubah paradigma yang ada dimana sumber daya manusia dituntut untuk mampu bersaing dalam percepatan Pembangunan.

HUT sekolah ini juga diramaikan dengan sejumlah lomba, di baris berbaris, Tenis meja, Basket dan Festival Band Pelajar. Adapun tema yang diangkat pada rangkaian perayaan HUT kali ini adalah “Terus Melaju untuk SMANDA Maju”.

Lomba-lomba ini diikuti pelajar SMP, SMA/SMK di Tanjungpinang dan Bintan.

Gubernur Ansar berharap, melalui momentum HUT ini dapat menyuntikkan semangat bagi siswa-siswi SMANDA untuk lebih giat belajar untuk masa depan yang lebih baik karena kemana arah perahu yang bernama Provinsi Kepulauan Riau berlayar akan ditentukan oleh kualitas peserta didik saat ini.

“Generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa, di antara para siswa-siswi di sini tentu saja nantinya akan ada yang menjadi pemimpin, yang akan menentukan kemana arah kemajuan Kepulauan Riau dan Indonesia ke depannya. Oleh karena itu persiapkan diri dengan baik,” ucapnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan juga atas nama Pembina Ikatan Alumni SMANDA Tanjungpinang Gubernur Ansar mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-45 SMA Negeri 2 (SMANDA) Tanjungpinang Tahun 2023.

“Semoga SMAN 2 Tanjungpinang selalu mencetak generasi-generasi bangsa yang unggul, berbudi pekerti, profesional, berdaya saing dan ramah lingkungan, yang nantinya mampu membawa negeri kita menuju Indonesia Emas 2045 dan Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya saing dan Berbudaya,” tutupnya. (zah)

Editor Yusfreyendi

Loading...