Presiden Jokowi Resmikan SPAM Mebidang, Mampu Suplai 88 Ribu Rumah Tangga

Loading...

Suarasiber.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang), Jumat (25/08/2023), di Kota Binjai, Sumatera Utara.

Fasilitas air minum ini disebut mampu mencukupi kebutuhan 88 ribu rumah tangga. Presiden meminta kepada gubernur dan bupati/wali kota untuk menindaklanjuti sambungan ke rumah-rumah.

Jika dihitung dengan jiwa, maka 88 ribu rumah tangga sepadan dengan 440 ribu jiwa.

Dijelaskan Presiden, biaya pembangunan SPAM Mebidang mencapai Rp948 miliar, memiliki kapasitas 1.100 liter per detik. Presiden mengapreasiasi kerja sama pusat dan daerah dalam membangun SPAM ini.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya ketersediaan air dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

“Saya bisa merasakan begitu pentingnya air setelah kemarin empat hari di Afrika. Kita ini sering tidak merasa betapa pentingnya air, karena kita tidak pernah merasa kekurangan air. Enggak pernah kekurangan air, jadi enggak pernah merasa betapa pentingnya itu air,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol. Jembatan yang terletak di Kabupaten Samosir ini dibangun dengan biaya Rp157 miliar.

“Ini panjang bentangannya 294 meter dan bentang utamanya 99 meter, dan lebarnya 8 meter,” ujar Presiden, melansir dari laman sekretariat presiden.

Selanjutnya, Presiden melakukan pemutaran tuas katup air dan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian. Turut mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wali Kota Binjai Amir Hamzah, serta Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...