Bukan Cuma Twitter, 5 Raksasa Teknologi Ini Ganti Nama Lebih Dulu

Loading...

Suarasiber.com – Soal ganti nama yang paling hangat tentu Twitter. Elon Musk akhirnya menggantinya dari Twitter ke X. Ternyata sebelumnya ada sejumlah raksasa teknologi lebih dahulu melakukannya.

Banyak orang meprediksi digantinya nama Twitter menjadi X bakal gagal. Alasannya, Twitter sudah begitu melekat di otak penggunanya.

Namun kalian harus tahu, nama-nama di bawah ini masih tetap eksis meski namanya diganti. Mengutip CNBC Indonesia, berikut ini adalah 5 raksasa teknologi yang mengganti namanya dan masih eksis sampai sekarang.

  1. Facebook jadi Meta

Kalian pengguna Facebook pasti tahu jika sekarang ada di bawah kendali perusahaan induknya yang bernama Meta. Nama ini diambil lantaran ia terobsesi membangun layanan Metaverse yang di dalamnya ada Instagram, WhatsApp dan Threads.

Facebook sendiri pada awalnya bernama The Facebook. Nama yang dipakai Mark Zuckerberg saat ia masih duduk sebagai mahasiswa Harvard University di tahun 2004.

Kemudian, ‘The’ dibuang dari nama aslinya, atas saran dari Sean Parker yang merupakan investor pertama Facebook.

  1. Google jadi Alphabet

Nama Google lahir karena salah ketik. Maksudnya mau menuliskan googol alias ekuivalen dari 10 pangkat 100. Namun karena typo atau salah ketik, yang tercentum malah Google.

Google mengganti namanya menjadi Alphabet pada 2015. Kendati demikian, Google masih mempertahankan namanya untuk layanan mesin pencarian berserta turunannya.

  1. Burbn jadi Instagram
    Nah, yang ini pasti banyak di antara kalian yang belum tahu. Awalnya, Instagram bernama Burbn. Burbn terinspirasi dari nama whiskey. Burbn memiliki fokus untuk mengakomodir kebutuhan pengguna berbagi foto restoran yang mereka kunjungi.

Tapi karena fokus Kevin Systrom kreator Burbn bersama investor awal berubah, jadi fokus ke layanan berbagi foto secara umum, mereka mengganti namanya menjadi Instagram. Instagram gabungan dari ‘instant’ dan ‘telegram’.

  1. Cadabra jadi Amazon

Toko online Amzaon adalah raksasa di bisnis ini. Jeff Bezos Bos Amazon pun termasuk saru dari sekian nama yang masuk sebagai orang terkaya di dunia.

Awalnya Amzaon bernama Cadabra, terinspirasi dari ungkapan sulap ‘abracadabra’. Namun, pengacara Bezos menilai nama itu terlalu absurd.

Pada akhirnya, Bezos dan istrinya saat itu mencari nama dari urutan alphabet pertama. Bezos kemudian merasa cocok dengan nama Amazon yang merupakan salah satu sungai terbesar dunia.

  1. X.com jadi PayPal

Ternyata huruf X bukan cuma diminati Twitter sehingga mengganti namanya menjadi X. Dahulu, ada nama X.com namun belakangan mengubah namanya menjadi PayPal. Tadinya, PayPal adalah layanan split bill namun kini berkembang pesat. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...