Seks Diajukan ke Otoritas Olahraga Swedia untuk Dipertandingkan, DITOLAK! Beritanya HOAX!

Loading...

Suarasiber.com – Sebuah lembaga independen bernama Federasi Seks Swedia dikabarkan mengajukan pendaftaran ke otoritas olahraga Swedia dan meminta agar dijadikan kejuaraan.

Media mainstream pun ramai-ramai memberitakannya dengan beragam judul yang bombastis. Sebenarnya, seperti apa kabar tersebut?

Melansir sebuah media yang mengecek fakta internasional, Snopes, klaim tentang pengakuan olahraga seks oleh Swedia itu adalah bohong.

Memang ada keinginan pihak tertentu untuk mengadakan kejuaraan seks Eropa, tetapi kompetisi itu telah ditolak oleh konfederasi olahraga Swedia (RF). Jika di Indonesia, RF adalah lembaga setara dengan KONI.

Federasi Seks Swedia kabarnya dipimpin oleh Dragan Bratych. Surat kabar Swedia Gotesborgs – Posten pada April 2023 pernah menurunkan tulisan tentang Bratych yang disebut sebagai pebisnis bar penari telanjang di negara tersebut.

Kabar penolakan pengajuan yang dilakukan Bratych juga disampaikan Kepala RF, Björn Eriksson.

“Pendaftaran seks sebagai olahraga tidak memenuhi syarat dan saya memastikan bahwa pendaftaran itu sudah ditolak,” tegas Eriksson.

“Saya harap semua omong kosong ini berlalu. Kami jelas menolak,” terang Eriksson kepada sebuah stasiun tv Swedia pada Januari 2023.

RF sendiri pun sudah menerbitkan pengumuman resminya tentang penolakan terhadap pendaftaran olahraga seks itu di websitenya pada April 2023 lalu.

Dengan demikian, berita tentang pengakuan seks sebagai olahraga resmi di Swedia termasuk dalam hoaks. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...