PT REFO Dorong Jawa Timur Bertransformasi Digital Pendidikan

Loading...

Suarasiber.com – PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) kembali menggemakan transformasi digital pendidikan. Kali ini diselenggarakan di Surabaya, pada tanggal 25 Mei 2023, dan dihadiri oleh 100 pemimpin sekolah dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Transformasi Digital bersama REFO” merupakan program terbaru dari REFO pada tahun 2023 ini. Rangkaian acara ini telah dilaksanakan di beberapa kota, yaitu Jakarta, Semarang, dan Bandung. Bulan Mei ini REFO mengadakannya di Surabaya, dan masih akan ada lagi di kota-kota lainnya di Indonesia. Dalam program ini REFO memperkenalkan strategi transformasi digital total dalam pendidikan bersama Google for Education dan REFO.

Kamis, 25 Mei 2023, pukul 08.00 – 12.00, di sebuah ruang pertemuan di wilayah Tegalsari, Surabaya, tak kurang dari 100 pemimpin institusi pendidikan hadir dalam acara tersebut.

Founder and Managing Director REFO, Pepita Gunawan, memberikan sambutannya untuk membuka acara dengan menyampaikan bahwa dalam program Google Master Trainer, Jawa Timur adalah salah satu yang paling progresif, terbukti dengan 856 guru telah mengantongi sertifikat Google Certified Educator Level 1, dan 511 guru bersertifikasi Google Certified Educator Level 2.

Hal ini membuktikan bahwa para pendidik di Jawa Timur sudah lebih melek teknologi, dan Pepita berharap program “Transformasi Digital bersama REFO” ini semakin mendongkrak sekolah-sekolah di Jawa Timur untuk menjadi yang terdepan.

Dilanjutkan oleh Google Education Specialist, Arija Rose Wanodya, yang memaparkan tentang Google for Education, yang selalu mendampingi Indonesia dalam jejak transformasi digitalisasi pendidikan. Rose juga menjelaskan empat tren global pendidikan masa depan, yaitu meningkatnya kebutuhan akan global problem solver, membuat pembelajaran jadi lebih personal, meningkatkan kemampuan pengajar, dan mengevaluasi kembali kemampuan siswa.

Untuk itu, Google for Education berkomitmen untuk mengaktifkan setiap pemimpin institusi pendidikan, memberdayakan setiap pendidik, melengkapi setiap murid, dan berkembang setiap hari.

Sebagai Google for Education Partner di Indonesia, REFO siap dan telah menjadi perpanjangan tangan untuk berkomitmen memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, dalam acara ini, Principal Learning Consultant REFO, Steven Sutantro, memberikan penjelasan detail mengenai strategi memulai dan menerapkan transformasi digital total pendidikan, serta bagaimana memberdayakan sekolah menggunakan Google Workspace for Education.

Steven juga memaparkan Roadmap Transformasi Digital 2023-2025, di mana diperlukan akses, yaitu menyiapkan alat yang efektif dan terjangkau sehingga setiap siswa dan guru dapat mengakses teknologi dengan mudah, aman, cepat; adopsi, membangun kapasitas pemimpin dan guru dan siswa untuk mengadopsi teknologi; dan transformasi, memimpin perubahan untuk mencapai transformasi digital dengan teknologi.

Secara daring menggunakan Google Meet, Susanti, Director of International Schools IPEKA, juga membagikan pengalaman perjalanan transformasi digital IPEKA yang mendapatkan dukungan penuh dari REFO, dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan penguasaan teknologi digital untuk pembelajaran.

REFO juga memfasilitasi dan membimbing salah satu sekolah IPEKA hingga berhasil mendapat predikat Google Reference School pertama Asia Tenggara pada tahun 2020. Saat ini, semua akun siswa dan pendidik di IPEKA telah upgrade ke Google Workspace for Education Plus, dan sudah lebih dari 80% pendidiknya bersertifikasi Google Certified Educator.

Tak kalah seru, di akhir acara REFO mengadakan Klinik 4L (Laptop Lemot Langsung Lincah), yang didukung oleh Komunitas Pendidik di Jawa Timur untuk meremajakan laptop lama milik peserta dengan ChromeOS Flex. Tak kurang dari 25 peserta yang membawa laptop lamanya, untuk disegarkan kembali.

Di hari yang sama, REFO diundang oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk memberikan penguatan kepada lebih dari 100 pendidik dan pemimpin sekolah negeri di wilayah Kota Surabaya. Dalam acara tersebut, REFO menerangkan rencana program untuk mendukung pemanfaatan Akun belajar.id di tahun 2023 seperti, program Google Master Trainer dan program Daerah Jawara belajar.id. Acara ini difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dan didukung oleh Komunitas belajar.id Jawa Timur.

Melansir rilis yang diterima redaksi, PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) lahir dari keyakinan akan potensi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Visi REFO adalah untuk melihat Indonesia 2045, yang dipimpin oleh individu-individu yang holistik, mempunyai tujuan hidup, dan berketuhanan.

Dengan memfasilitasi pengembangan keahlian, memberdayakan komunitas, dan memampukan pendidikan di Indonesia untuk mengoptimalisasi teknologi digital dalam pembelajaran, tujuan utama REFO adalah mereformasi pemangku kepentingan pendidik untuk menghasilkan pemimpin yang siap membangun bangsa.

Area keterlibatan REFO saat ini adalah Teknologi Pendidikan, Kepemimpinan Pemuda, Platform Ide, Pemberdayaan Komunitas dan Bimbingan Startup. REFO Indonesia adalah mitra Google for Education di Indonesia. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...