Ketua DWP Bintan, Elyza Riani Bagikan Resep Mulai Usaha bagi Milenial: Kerjakan, Jangan Cuma Ditanyakan!

Loading...

Suarasiber.com – Banyak kaum milenial atau anak muda yang menginginkan memiliki usaha sendiri. Beberapa orang yang sukses menjadi inspirasi mereka.

Sayangnya banyak yang terjebak dalam kenyataan keinginan itu sebatas keinginan. Hal inilah yang dibongkar Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bintan, Elyza Riani.

Bertempat di de Bintan Villa, Selasa (20/6/2023) pagi, Elyza Riani membagikan resep cara untuk memulai usaha ke sejumlah kawula muda Bintan. Ia memang hadir sebagai narasumber dalam pelatihan kewirausahaan pemuda tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut, dirinya juga memaparkan bahwa hal yang wajib bagi kawula muda yang pertama kali akan terjun ke dunia usaha adalah dengan memulainya. Karena menurutnya, acapkali kawula muda hanya berkutat dalam memikirkan usaha apa yang bagus, dengan sendirinya hal itu akan terjebak dengan tidak memulai satu usaha apapun.

“Usaha yang bagus adalah usaha yang dikerjakan, bukan yang ditanyakan terus,” ujarnya saat mengutip pernyataan pengusaha sukses Bob Sadino.

Ia juga mengharapkan agar para peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan, hendaknya dapat menyerap ilmu dengan sebaik-baiknya. Usai pelatihan, dapat langsung terjun ke masyarakat dan menjadi usahawan muda yang sukses.

Ditambahkannya juga, saat ini telah banyak platform digital yang tersedia dan menawarkan kemudahan bagi usahawan muda, baik dalam promosi produk maupun marketplace untuk berjualan. Pemerintah daerah juga menurutnya telah menyediakan berbagai program kemudahan bagi pengembangan usaha atau UMKM, diantaranya dengan menyediakan program fasilitas pinjaman tanpa bunga.

“Jadi, ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya! Karena skill ini jarang didapatkan di bangku sekolah. Ibaratnya jika kita memiliki mesin jahit dirumah, maka mulailah usaha menjahit atau jika hanya memiliki jarum, maka mulailah usaha anyaman/menenun,” ujarnya memotivasi para peserta menjahit. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...