KEREN! Siswi MAN 1 Jember Diterima Beasiswa Student Exchange ke Jepang

Loading...

Suarasiber.com – Adinda Putri Arifin, seorang siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember mengukir prestasi internasional. Pemilik panggilan akrab Ari yang duduk di kelas X BIC 2 ini lolos dalam seleksi beasiswa Student Exchange ke Jepang.

Ia menjadi salah satu dari tujuh delegasi Republik Indonesia untuk Jeneys High School for ASEAN 2023.

“Saya tidak pernah membayangkan dalam hidup saya bahwa saya akan memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi pertukaran pelajar seperti ini. Dengan bimbingan guru saya, saya belajar tentang program ini dan dapat melewati tahap wawancara,” terang Ari di Jember usai menerima pengumuman bahwa dirinya lolos seleksi beasiswa Student Exchange ke Jepang, Selasa (20/6/2023).

“Awalnya saya kurang berani, tapi semua teman saya di ma’had (pesantren) membantu saya. Mereka mendorong dan mendukung saya, terutama teman sekelas saya. Meskipun harus menghentikan sementara studi saya untuk mempersiapkan wawancara, mereka membantu saya dengan mengajar dan memberi saya latihan sehingga saya tidak ketinggalan ap pun. Setelah lolos wawancara tanggal 13 Juni, saya harus menunggu pengumuman. Kemudian saya mendapat berita luar biasa itu pada 17 Juni,” sambungnya, dilansir dari kemenag.go.id, Rabu (21/6/2023).

Ari mampu lolos berdasarkan hasil seleksi yang telah dilakukan melalui pemberkasan yang sangat ketat. Seleksi pemberkasan tersebut di antaranya penilaian portofolio, essay dan kriteria penilaian yang ditetapkan selama mengikuti seleksi wawancara.

Kepala MAN 1 Jember, Anwaruddin, mengapresiasi prestasi Ari yang membanggakan almamaternya di tingkat internasional. Ari dalam waktu dekat ini akan berangkat ke Jepang.

“Semoga ananda Ari diberikan kemudahan dan kelancaran dalam kegiatan tersebut serta semoga menjadi inspirasi bagi siswa MAN 1 Jember lainnya,” harapnya. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...