Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Batam Tiba di Makkah, Satu Orang Sakit Butuh Penanganan KKHI karena Diabetes

Loading...

Suarasiber.com – Jemaah Haji Kloter 01 Embarkasi Batam (BTH) telah miqat di Bir Ali dan tiba di Makkah. Sebelumnya, mereka telah sampai di Madinah pada tanggal 24 Mei 2023 lalu dan telah melaksanakan ibadah sunnah Arbain dan ziarah di Raudhah.

Sebagaimana telah diberitakan, Jemaah Haji BTH 01 ini berjumlah 362 orang ditambah 5 orang Petugas Kloter. Mereka berasal dari Natuna sebanyak 97 orang, Lingga 48 orang, Karimun, 144 orang, Anambas 48 orang, Batam 25 orang. Saat berangkat ke Tanah Suci, 15 orang di antaranya adalah jemaah lansia disabilitas atau menggunakan alat bantu jalan/kursi roda.

Dari laporan Ketua Kloter, Muhammad Sardi, Jemaah Haji Kloter BTH 01 sedang menuju Makkah setelah miqat di Bir Ali dari Madinah mulai pukul 07.00 WAS (Waktu Arab Saudi). Miqat adalah tempat dan waktu memulai ihram bagi Jemaah Haji ketika hendak ke Makkah.

“Jemaah Haji Kloter BTH 01 jumlahnya lengkap, 362 jamaah dan 5 petugas, kami baru selesai miqat pada pukul 07:00 WAS,” kata Muhammad Sardi singkat dalam pesan Whatsaapnya saat perjalanannya dengan armada Bus menuju Makkah, Jumat (02/06/2023), dikutip dari kepri.kemenag.go.id.

Sementara kondisi Jemaah Haji hingga saat ini dalam keadaan stabil, dan ada 1 jemaah yang perlu penanganan KKHI (Kantor Kesehatan Haji Indonesia) Makkah. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Petugas Kesehatan Kloter BTH 01, dr. Amelya Retno.

“Kondisi jemaah stabil, ada yang sakit 1 orang membutuhkan penanganan KKHI Makkah sebagaimana anjuran dari KKHI Madinah. Beliau menderita diabetes dan selulitis,” ucap Amelya.

Pembimbing Ibadah, Muhammad Syarif, melaporkan Jemaah Haji yang dibimbingnya baru tiba di Makkah pada pukul 01:00 WAS. Jemaah langsung diturunkan di hotel tempat menginap di wilayah Syisyah tepatnya di Hotel Meezab Al Sabiq 2. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...