Menpan RB Kritik Tukin: Aku Kerja, Kamu Kerja Nggak Bagus Kok Sama?

Loading...

Suarasiber.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas megkritik penerapan tunjangan kinerja (tukin) yang diterima pegawai negeri sipil (PNS).

Mengutip tayangan Kompas.TV, Rabu (24/5/2023), mantan Bupati Banyuwangi dua periode ini meminta skema pemberian tukin harus diperbaiki agar porsinya adil.

Ia melontarkan pertanyaan menohok untuk PNS. Mereka sudah mendapatkan tukin tersebut, namun apakah mereka sudah meningkatkan kinerjanya? Jangan sampai kinerjanya biasa-biasa saja.

Menurut Anas, masih banyak PNS yang mendapatkan tukin dengan besaran yang sama. Meski secara pekerjaan berbeda, membuatnya tak adil.

“Aku kerja, kamu nggak kerja bagus kok sama? Inilah yang mau ditata,” tegasnya.

Untuk informasi, tunjangan kinerja atau tukin adalah tunjangan yang diterima oleh PNS/ASN dengan besaran sesuai jabatan dan hasil kinerjanya. Peraturannya, tukin akan diberikan sesuai hasil evaluasi jabatan masing-masing PNS/ASN.

Faktor yang memengaruhi penilaian tukin ialah penilaian jabatan fungsional dan penilaian jabatan struktural. Sementara unsur penilaian Tukin ialah absensi atau kehadiran, capaian kerja atau kinerja dan disiplin pegawai. (syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...