Lantamal IX Ambon Konser Musik Bersama Ribuan Pemain Jukulele di Geladak Kapal Perang

Loading...

Suarasiber.com – Lantamal IX Ambon bersama-sama dengan Mollucan Jukulele Leaders (MJL) menghadirkan 45 tim jukulele dari wilayah Pulau Ambon, Pulau-Pulau Lease dan Pulau Seram untuk menggelar konser bersama.

Konser ini dilakukan di atas kapal perang KRI Teluk Weda-526 dan KRI Lada-521, yang sandar di Dermaga Irian Lantamal IX, Halong, Kota Ambon, Kamis (11/05/2023). Berbarengan dengan visit Operasi Trisila TNI AL tahun 2023 di Dermaga Irian Lantamal IX.

Berdasarkan rilis yang diterima suarasiber.com, Jumat, 12 Mei 2023, Moluccan Jukulele adalah Komunitas Musik Jukulele Maluku. Para pemain yang terlibat konser terdiri dari 45 tim jukulele dari wilayah Pulau Ambon, Pulau-Pulau Lease dan Pulau Seram.

Para pemain jukulele adalah siswa SD hingga setingkat SMA, sudah bersemangat sejak pagi. Bagi mereka ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tidak pernah terlupakan bisa memainkan alat musik jukulele diatas Kapal Perang kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mengucapkan terima kasih kepada MJL, Telkom dan pihak lain yang ikut andil dalam penguatan signal telkomsel di area kegiatan, terkhusus ucapan selamat datang kepada seluruh komunitas jukulele Maluku yang ikut hadir memeriahkan acara.

“Jukulele merupakan alat musik khas daerah Maluku perlu dilestarikan, salah satunya dengan cara dimainkan di depan publik melibatkan pemain dalam jumlah yang banyak,” ungkap Danlantamal IX.

“Mudah-mudahan acara ini semakin mendekatkan dan menambah kecintaan generasi penerus bangsa kepada TNI Angkatan Laut, sekaligus melestarikan alat musik tradisional di tengah-tengah masyarakat Maluku,” imbuhnya.

Acara yang dikemas dengan nama “Badendang Bersama di Atas Laut”, juga dihadiri oleh Kepala BNN Prov Maluku, anggota DPRD Prov Maluku, GM PT Teklom Cabang Ambon, Kepala Balai Pelestarian Budaya XX Maluku, PJU Lantamal IX, Ketua Korcab IX DJA III, Dansatgas Operasi Trisila 2023, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan organisasi pencinta lingkungan.

Rangkaian kunjungan Satgas Operasi Trisila 2023 di Ambon, selain dimeriahkan dengan pentas alat musik jukulele di atas geladak KRI, juga dilaksanakan open ship, joy sailing menggunakan KRI Singa-651 dan KRI Untung Suropati-372 serta kegiatan bakti kesehatan berupa pelayanan kesehatan umum dan pemeriksaan kesehatan gigi.

Selanjutnya pada tanggal 12 Mei 2023 dilanjutkan dengan kegiatan sosial bersih-bersih pantai Teluk Ambon dengan melibatkan unsur TNI-Polri, instansi pemerintah/swasta, komunitas pencinta lingkungan hidup, organisasi kepemudaan/kemasyarakatan, perguruan tinggi, sekolah, dan masyarakat sekitar. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...