Eza Mandiri Datangkan 525 Sapi dari NTT ke Bintan untuk Kebutuhan Kurban

Loading...

Suarasiber.com – Satgas PMK Provinsi Kepri menunjuk Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan (KP2KH) Provinsi Kepri untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban 1444 Hijriyah tahun 2023.

Salah satu pilihan yang memungkinkan ialah mendatangkan hewan kurban dari provinsi lain. Dengan catatan hewan yang masuk didatangkan dari daerah yang masih ‘hijau’ atau belum terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Daerah hijau itu adalah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari provinsi ini juga akhirnya 525 sapi didatangkan ke Kepri menuju Bintan. Hewan ternak ini dibawa menggunakan kapal Permata Abadi dari pelabuhan Tenau, Kupang, NTT tiba di Bintan, Selasa (4/4/2023) malam.

Masuknya sapi dari NTT diinisiasi Peternakan Eza Mandiri, bekerja sama dengan sejumlah pihak. Pengelola peternakan ini, Jepri mengatakan, rencana awal pihaknya akan memasukkan 600 ekor sapi dari NTT.

Perjalanan pasokan sapi NTT ke Kepri diperkirakan 8 sampai dengan 10 hari. Tergantung dari kondisi cuaca di laut.

Semua administrasi dalam pengiriman sapi dari NTT ini, diakuinya sudah clear, sesuai dengan ketentuan.

Sapi yang didatangkan oleh Eza Mandiri disediakan untuk peternak dan pedagang yang mau beli di Tanjungpinang dan Bintan. Bila masih tersisa baru dijual ke Batam.

Namun sebelumnya semua sapi yang datang dibawa ke peternakan Eza Mandiri, dicek kembali, dikarantina untuk memastikan kesehatannya ketika dibeli orang.

“Bagi warga yang membutuhkan daging untuk Idul Fitri, silakan dipilih kalau ada yang siap disembelih, silakan dibeli,” ungkap Jefri. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...