free page hit counter

Roby Puji Pegawai DLH Bintan Bikin Motor Listrik dari Rangka Motor Bekas

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Bintan, Roby Kurniawan, memuji Umar Awaluddin, seorang pegawai Dinas LIngkungan Hidup (DLH) Bintan atas keberhasilannya merakit motor listrik. Umar menggunakan rangka motor bekas untuk mewujudkan impiannya.

Motor listrik ala Umar ini dikethui Roby ketika ia usai memimpin rapat evaluasi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan, Senin (13/3/2023).

Melihat tampilan fisik sepeda motor yang berbeda dari kebanyakan kendaraan yang ada, Roby pun menanyakan milik siapa. Lalu Umar dan Bupati Bintan berbincang.

Roby memuji ide kreatif Umar. Menurut cerita Umar, ia melihat ada sepeda motor bertahun-tahun rusak dan terbiarkan. Ia kemudian membuang semua perangkat mesin secara keseluruhan dan hanya menggunakan rangka kosong.

Semua unit mesin dirangkai dengan telaten menggunakan beberapa bahan dan disupply melalui tenaga listrik.

“Sangat luar biasa, ini bukti bahwa SDM Bintan punya potensi yang luar biasa dan siap bersaing. Tadi kita uji coba juga lancar, semuanya dirakit sendiri dengan bahan dasar yang dibeli secara online,” jelas Roby, dikutip dari rilis.

Nantinya mesin tenaga listrik ini akan diuji coba pada motor roda tiga milik Satgas Kebersihan yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Rangkanya akan dimanfaatkan agar bisa digunakan kembali untuk menunjang operasional pengangkutan sampah.

“Kalau nanti bisa diimplementasikan di Kaisar kan bagus, yang seharusnya sudah tidak bisa digunakan masih dapat dimanfaatkan,” tambahnya.

Umar sendiri mengatakan dirinya memang hobi mengolah barang-barang bekas. Berkat motor listriknya, ia pun bisa menghemat operasionalnya sehari-hari.

“Di rumah juga sudah menggunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), jadi semuanya pun free. Saya chargenya pun ya bisa dibilang gratis karena dari tenaga surya semua,” tuturnya di depan Bupati. (***)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...