Alhamdulillah, Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Turki Telah Tiba

Loading...

Suarasiber.com – Bantuan kemanusian dari Indonesia untuk membantu gempa di Turki telah tiba di negara tersebut pada Minggu (12/2/23). Bantuan itu diberangkatkan Sabtu kemarin dengan diangkut pesawat Boeing 737-A400 dan Hercules C30 milik TNI AU.

“Tim MUSAR INASAR kita yang diberangkatkan ke Turki yang diberangkatkan dari Halim kemarin direncanakan akan tiba pagi ini jam 9 waktu setempat di Turki tepatnya di kota Gaziantep,” ungkap Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana Kemenko PMK Nelwan Harahap dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI.

Nelwan Harahap, menjelaskan personel yang dikirim sebanyak 47 orang dari tim INASAR. Mereka juga didukung oleh unsur SAR lainnya. Tim SAR dari Indonesia akan bertugas selama dua minggu dan durasi dapat diperpanjang jika pemerintah Turki membutuhkan. Untuk tahap kedua akan diberangkatkan 105 personel tenaga medis. Mereka akan diberangkatkan pada Senin (13/2/23).

“Personel yang dikirim ini didukung dengan peralatan standar sesuai permintaan pemerintah Turki. Tim INASAR kita akan dipusatkan di kota Gaziantep sesuai arahan dan koordinasi dari Kedubes kita. Untuk Tenaga Medis bersumber dari Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes dan tenaga kesehatan dari TNI/Polri dan masyarakat sipil,” jelasnya dikutip dari rri.co.id.

Lebih Lanjut, Nelwan Harahap mengatakan setidaknya ada tiga tahap bantuan kemanusiaan yang dikirim membantu gempa di Turki dan Suriah. (***)

Editor Ady Indra P

Loading...