Petani Tembesi Terima Bantuan Traktor Dll

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani, diantaranya Margo Mulyo, Sumber Rezeki dan Subur Makmur Tembesi, Kota Batam, Rabu (18/1/2023).

Alat-alat pertanian yang diserahkan Gubernur Kepri melalui pengadaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri diantaranya, cultivator 35 unit, traktor roda empat 1 unit, handtractor 8 unit, mesin potong rumput 4 unit dan mesin pompa air 2 unit.

Juga ada bantuan melalui pengadaan Dinas Kelauatan dan Perikanan Provinsi Kepri berupa Bubu Ketam sebanyak 800 buah, kawat bubu sebanyak 135 buah dan juga jaring tenggiri sebanyak 375 unit. Total penerima sebanyak 225 orang.

Menurut Gubernur Ansar, bantuan alat pertanian sengaja diberikan dan diserahkan langsung kepada para petani dalam rangka menunjukan komitmen serta dukungan kepada para petani.

Dikatakan Gubernur Ansar, bantuan alat pertanian itu sendiri, tidak lepas dari kebijakan pemerintah dalam rangka menjaga sektor pertanian bisa tetap berproduksi dan terus menghasilkan produksi pertanian.

Karena kata Gubernur Ansar, bila para petani bisa terus memproduksi hasil pertanian, satu sisi akan menjaga ketersediaan hasil-hasil pertanian itu sendiri, sekaligus menjaga stok bahan kebutuhan pangan terjaga.

“Dan langkah ini bisa membantu memenuhi ketersediaan stok bahan pangan,” jelas Gubernur Ansar, seperti disampaikan dalam rilis tertulisnya..

Pemerintah Provinsi Kepri sendiri juga terus mendorong sektor pertanian, agar bisa ikut memenuhi sebagaian kebutuhan bahan pokok, yang memang selama ini didatangkan dari luar daerah.

Termasuk sambung Gubernur Ansar, meluncurkan gerakan menanam cabe, dengan memanfaatkan lahan terbatas yang ada dilingkungan pekarangan rumah, bagi masyarakat yang ada di Kepri.

“Karena apabila ketersediaan bahan pokok terjaga, satu sisi akan bisa menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan itu sendiri, sekaligus bisa menjaga terjadinya inflasi,” imbuhnya.

Gubernur Ansar juga menambahkan, selain pertanian, Pemprov Kepri terus mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan dengan memberikan bantuan alat alat nelayan dan bantuan modal usaha.

“Termasuk mengikut sertakan para nelayan dengan perlindungan BPJS kesehatan dan juga perlindungan asuransi, “ujar Gubernur Ansar.

Sementara itu Ketua Gabungan Kelompok Tani Yusuf menyucapkan terimkasih atas perhatian dan kehadiran langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di lokasi lahan pertanian kami di Tembesi Lama Kecamatan Sagulung Kota Batam.

“Inilah lokasi teman – teman petani di Tembesi bercocok tanam. Dimana hasil pertaniannya, langsung kami jual,” jelasnya singkat. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...