Universitas Groningen Kagumi dan Ingin Terapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Loading...

Suarasiber.com – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek RI menarik perhatian kampus lain di dunia.

Presiden Universitas Groningen atau University of Groningen, Belanda, Profesor Jouke de Vries mengaku kagum dengan fleksibilitas program ini.

Menurutnya, fleksibilitas dari program ala Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Nadiem Makarim itu sebagai sesuatu yang ingin diterapkan di kampusnya. Melalui keterangan tertulis yang dibagikannya, ia mengaku sepekan keliling Indonesia untuk menjajaki kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Indonesia dan Belanda.

Vries pun mengatakan pihaknya menyambut baik tawaran dari Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek dan BRIN. Tawaran ini untuk berinteraksi lebih lanjut melalui pusat penelitian bersama atau kolaborasi gelar.

Kerja sama penelitian tersebut mengutamakan tema energi dan iklim, kesehatan masyarakat, digitalisasi dan kecerdasan buatan, serta keberlanjutan dan ekonomi sirkular.

Sebagai kampus yang termasuk 100 universitas top global, Universitas Groningen sudah menjalin kerja sama dengan Indonesia selama beberapa dekade. Ia pun tak mempersoalkan jika pihaknya mengunjungi Indonesia terlebih dahulu. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...