free page hit counter

Pengelola Desa Wisata di Natuna Dilatih Layani Wisatawan

Loading...

Suarasiber.com – Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Natuna, Basri, membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Tahun 2022, di Ruang Aula Hotel Natuna, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (10/11/2022).

Pelatihan ini menurut Basri dilaksanakan pada momen yang tepat, karena pandemi yang melandai di Kabupaten Natuna. Ia juga merasakan geliat wisata sudah mulai menggeliat.

Ia mengharapkan pelatihan ini menjadi starting point kembalinya pariwisata Natuna. Dengan pembenahan SDM, akan meningkatkan kualitas layanan kepada para wisatawan.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna Supardi menyebutkan ada 40 peserta pelatihan. Mereka mewakili desa atau kecamatan yang memiliki desa wisata.

Secara rinci ia pun mengatakan tujuan pengelola desa wisata menjalani pelatihan, yaitu:

  • Mengetahui dan memahami pengetahuan dasar tentang kepariwisataan serta pentingnya Sapta Pesona dalam mewujudkan masyarakat sadar wisata.
  • Penguatan kelembagaan desa wisata dan pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan kemandirian SDM bagi pengelolanya.
  • Mengetahui dan memahami pengembangan dan pengelolaan produk pariwisata di desa wisata.
  • Meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelolaan desa wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam pengelolaan desa wisata.
  • Memberikan pelayanan kepada wisatawan, memberi peluang dan peran sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan melalui desa wisata.

Selain pengelola desa wisata, pelatihan juga diikuti kelompok sadar wisata desa dan perwakilan mahasiswa. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...