Wakil Ketua MKD DPR RI Dukung Penghapusan Tilang Manual oleh Polri

Loading...

Suarasiber.com – Langkah Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menginstruksikan jajaran Korlantas Polri menghapuskan tilang secara manual dan mengutamakan penindakan pelanggaran secara elektronik mendapatkan dungan wakil rakyat di Senayan.

Salah satunya dari Anggota Komisi III DPR RI, H Andi Rio Idris Padjalangi. Andi Rio yang juga Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI ini mendukungnya lantaran melihat hal itu sebagai kemajuan yang luar biasa di Polri, terutama Korlantas.

“Penerapan penegakan hukum pelanggar lalu lintas secara manual sangat berisiko terjadinya suap menyuap dan berdampak pada kerugian kas negara,” jelas Anggota Komisi III DPR RI dilansir dari antaranews.com, Jumat (28/10/22).

Andi Rio memiliki harapan, kepercayaan publik kepada Polri bisa meningkat kembali. Saat ini kepercayaan itu menurun lantaran berbagai kasus yang terjadi di internal Polri.

“Kapolri dapat terus memperbaiki institusi Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga dapat lebih dipercaya dan dicintai masyarakat. Untuk itu, kami mendorong Korlantas Polri untuk dapat menyosialisasikan kebijakan tersebut kepada masyarakat dan jajarannya,” lanjutnya.

Meski begitu, Andi Rio mengingatkan agar Polri mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung kebijakan tersebut di seluruh daerah,” ujarnya.

Diantaranya kamera tilang elektronik di sejumlah titik yang harus dipersiapkan sejak dini. Agar tujuan memberikan dampak disiplin dalam berlalu lintas bagi masyarakat tercapai. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...