Tuan Rumah The 3rd WCCE, Sejumlah Negara Ingin Belajar dari Indonesia Soal Ekraf

Loading...

Ministerial Meeting yang dipimpin oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan didampingi oleh Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemlu Tri Tharyat, berhasil menyepakati dokumen akhir berjudul “Bali Creative Economy Roadmap 2022,” yang terdiri dari 16 langkah aksi penguatan ekonomi kreatif.

Diantaranya menyangkut hal-hal berikut:

  • Penguatan kontribusi ekonomi kreatif pada SDGs
  • Pendirian center of excellence
  • Transformasi digital
  • Pemanfaatan kekayaan intelektual
  • Penyiapan skill dan pengetahuan
  • Perlindungan sektor informal.

Roadmap diharapkan dapat menjadi acuan bagi Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait di berbagai negara dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Para delegasi mengapresiasi inisiatif penyelenggaraan WCCE dan peran aktif diplomasi Indonesia dalam pengarusutamaan kerja sama ekonomi kreatif global.

Beberapa negara dan organisasi regional bahkan berkeinginan terus berkonsultasi, bersinergi, dan belajar dari Indonesia untuk membangun sektor ekonomi kreatif.

Kementerian Luar Negeri akan terus aktif mempromosikan kerja sama ekonomi kreatif internasional, diantaranya melalui promosi sektor-sektor unggulan ekonomi kreatif ke pasar internasional, tindak lanjut kerja sama capacity building dengan WIPO, pengajuan Resolusi kedua tentang ekonomi kreatif pada Sidang Majelis Umum PBB, dan rencana penyelenggaraan ASEAN Creative Economy Business Forum II dalam rangkaian Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...