Tempe Mendoan Jadi Google Doodle Hari Ini

Loading...

Suarasiber.com – Tempe mendoan, salah satu jenis makanan rakyat Banyumas, Jawa Tengah, muncul sebagai Google Doodle hari ini, Sabtu (29/10/2022).

Jika biasanya Google Doodle bentuknya sederhana, karena kebanyakan menampilkan tokoh atau sosok berpengaruh seperti pahlawan, maka untuk tempe mendoan gambarnya semarak.

Terlihat jelas ada seorang perempuan menjajakan mendoan. Di sini juga digambarkan bagaimana seseorang memotong tempe dan bumbu. Kamudian seorang pedagang tempe mendoan sedang menjajakan dagangannya yang dipikul.

Ada juga potongan tempe yang sudah siap digoreng menjadi tempe mendoan. Tempe mendoan digoreng agak basah, bukan kering.

Nikmatnya disantap saat panas. Tempe ini sempat viral karena akan dipatenkan seorang pengusaha. Atas desakan warga hal tersebut akhirnya urung dilakukan.

Mendoan juga sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pada 10 November 2021 silam, dilaksanakan festival kreasi mendoan, diwarnai dengan pembuatan mendoan oleh puluhan murid SMK Swagaya 2 Purwokerto.

Jika datang ke ibu kota Banyumas, Purwokerto, mendoan akan dengan mudah ditemukan di warung makan. Selain digemari warga lokal, makanan ini juga menjadi sahabat mahasiswa luar daerah yang kos di kota ini untuk kuliah.

Harganya yang terjangkau dengan citarasa gurih menjadikan mendoan banyak dipilih sebagai lauk. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...