Meneladani Rasulullah Akan Bentuk Masyarakat Madani

Loading...

Suarasiber.com – Teladan yang ditunjukkan dan diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam (SAW) semasa hidupnya hendaknya menjadi pesan utama yang harus diresapi setiap umat Islam dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal perlu diisi dengan pesan-pesan akhlak yang mengajarkan cinta kasih, kedamaian, suri tauladan, dan hal hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dapat dimaknai dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kantor, keluarga dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Besar An-Nur, Bintan, Ahad (9/10/2022). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

“Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bukan hanya menjadi peringatan semata, tetapi bagaimana juga kita semua dapat memaknai seluruh teladan Rasulullah Muhammad SAW yang diutus ke bumi untuk membawa misi memperbaiki akhlak umat manusia,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar meyakini perubahan yang terjadi pada perilaku setiap umat yang meneladani sikap Rasulullah akan membentuk masyarakat madani yang berperilaku baik dan Akhlakul Karimah.

“Oleh karena itu, kalau semua menyadari bahwa memperbaiki diri dari waktu ke waktu itu memang suatu kewajiban bagi kita, maka kita semua menjadi hamba-hamba Allah yang terbaik dan bisa memberi nilai tambah manfaat bagi siapapun,” ujar mantan Bupati Bintan dua periode ini.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Majid An-Nur atau yang lebih dikenal dengan Masjid Pink ini menghadirkan penceramah Ustaz H Abdul Wahab Sinambela.

Ustaz kelahiran Asahan ini membawakan ceramah tentang keistimewaan Nabi Muhammad SAW sebagai makhluk paling agung yang diciptakan Allah SWT. Bahwa Nabi Muhammad SAW adalah merupakan makhluk pertama yang telah Allah ciptakan, ini menunjukkan bahwasanya Nabi Muhammad SAW dalah merupakan rahmat dari seluruh alam semesta ini.

“Keistimewaan inilah yang membuat kita sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW senantiasa mengingat dan mengamalkan ajaran yang beliau sampaikan dengan pengamalan dalam setiap langkah dan nafas kehidupan sehari-hari,” kata ustaz.

Dai ini juga mengingatkan agar sebagai umat Islam senantiasa memohon pertolongan kepada Nabi Muhammad SAW sebab hanya dengan syafaatnya bisa membuat umat Islam diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Sejalan dengan peringatan Maulid Nabi kali ini, Bupati Bintan disaksikan Gubernur Ansar memberikan bantuan WiFi internet untuk empat masjid di Kabupaten Bintan yaitu Masjid Al Furqon, Masjid Hajarullah, Masjid Mujahidin dan Masjid An-Nur. (jlu)

Loading...