Makam Istana Kota Kara Dibersihkan untuk Pengambilan Api Obor Porprov Kepri 2022

Loading...

Suarasiber.com – Pemkab Bintan bersama FKPD, KONI Bintan dan masyarakat Bentan Bekapur, mengadakan aksi gotong royong, Kamis (27/10/2022) pagi. Gotong royong ini dilaksanakan di kawasan komplek makam Kota Kara, yang menjadi tempat ritual pengambilan api obor Porprov V tahun 2022 Kepri di Kabupaten Bintan.

Selain di kawasan makam istana Kota Kara, aksi gotong royong juga dilaksanakan di lapangan sepak bola Bentan Bekapur. Lapangan ini akan dijadikan lokasi seremonial penyerahan api obor Porprov 2022 Kepri, sebelum dilakukan kirab atau pawai keliling wilayah Kabupaten Bintan.

makam kota kara o05709
Foto – koni bintan

“Alhamdulillah, partisipasi semua masyarakat di sini luar biasa. Ada dua lokasi yang kita bersihkan hari ini. Di komplek makam istana Kota Kara, dan lapangan sepak bola Kampung Bintan Bekapur ini,” kata Mohd Setioso, selaku penanggung jawab kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan.

Kirab api obor Porprov ke-V tahun 2022 Kepri akan dilaksanakan, Senin (31/10/2022) pagi. Rangkaian kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan, akan diawali pengambilan api obor Porprov 2022 Kepri di kawasan istana Kota Kara, Kampung Bintan Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan.

“Nanti, api obor ini diambil dari makam istana Kota Kara, kawasan kaki Gunung Bintan. Diawali dengan ritual adat di makam Kota Kara itu,” sebut Mohd Setioso didampingi Kapolsek Teluk Bintan, pemerintah desa, kepala dusun dan pengurus KONI Bintan.

Pengambilan api obor Porprov ke-V 2022 Kepri di makam Kota Kara itu, akan dilakukan oleh tokoh adat atau LAM Kabupaten Bintan. Kemudian, dilakukan ritual adat serta diserahkan kepada Bupati Bintan Roby Kurniawan. Selanjutnya, Bupati Bintan menyerahkan kepada atlet tertua dan termuda yang berprestasi.

Selanjutnya, api obor Porprov 2022 Kepri diarak ke kecamatan yang ada di wilayah daratan Pulau Bintan. Kecuali Tambelan, Mantang dan Bintan Pesisir. Meski demikian, semangat Porprov di Kabupaten Bintan tetap menyala di tiga kecamatan tersebut.

makam kota kara o guoiuio
Selain di kawasan makam istana Kota Kara, aksi gotong royong juga dilaksanakan di lapangan sepak bola Bentan Bekapur. Foto – koni bintan

Rute kirab api obor Porprov 2022 Kepri di Kabupaten Bintan ini, dari istana Kota Kara (Teluk Bintan) akan menuju jalan Lintas Barat. Dari jalan Lintas Barat menuju Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam. Kemudian menuju Tanjunguban (Bintan Utara), pantai wisata Sakera dan Sungai Kecil (Teluk Sebong).

Dari Teluk Sebong akan diarak lewat jalan lama menuju Kecamatan Toapaya, dilanjutkan ke Kelurahan Kawal (Gunung Kijang). Dari Kawal rombongan kirab api obor Porprov 2022 Kepri menuju jalan Galang Batang hingga Korindo dan Kijang Kota (Bintan Timur).

Di Bintan Timur, api obor akan diletakkan sementara di Kantor KONI Kabupaten Bintan. Saat open ceremony (pembukaan) Porprov, tanggal 6 November nanti, api obor akan diarak lagi ke stadion Megat Alang Perkasa.

“Hari ini, kita sudah bersihkan lokasi pengambilan api obor, dan lokasi seremonial penyerahan api obor. Ahad (30/10/2022) akan dilakukan gladi dan pengecekan akhir. Sehari berikutnya, baru dilakukan kirab api obor Porprov 2022 Kepri, Senin (31/10/2022). Kita imbau kepada seluruh masyarakat Bintan untuk menyemarakkan Porprov 2022 Kepri di Bintan ini,” kata Dedi Sutanto alias Apeng, Ketua KONI Bintan. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...