Kepala Badan Kesbangpol Aceh Terpukau Kemampuan Bakamla Amankan Perairan

Loading...

Suarasiber.com – Stasiun Bakamla Aceh menemui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Aceh, guna membahas isu maraknya pengungsi ilegal yang terjadi setiap tahun, Kamis (6/10/2022).

Kedatangan Kepala Stasiun Bakamla Aceh Kapten Bakamla Wahyu Putra Gantara ST disambut dengan hangat oleh Kepala Badan Kesbangpol Aceh Drs Mahdi Efendi. Pertemuan yang berlangsung santai namun serius, membicarakan tentang situasi keamanan perairan Aceh yang sering digunakan para pengungsi ilegal Rohingnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapten Bakamla Wahyu Putra Gantara juga membeberkan tugas dan fungsi Stasiun Bakamla Aceh dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia khususnya perairan Aceh dengan menggunakan peralatan sistem peringatan dini yang dimilikinya.

Dikatakannya pula, pemantauan dilakukan dengan pendeteksian kapal berbasis AIS yang dapat memantau aktivitas pergerakan kapal-kapal yang diduga melakukan tindakan mencurigakan dengan tidak berjalan secara terus menerus saat melintas di wilayah perairan Aceh dan wilayah perairan perbatasan.

Mendengar penjelasan tersebut, Drs Mahdi Efendi terpukau dengan kemampuan Stasiun Bakamla Aceh. Berharap ke depan Stasiun Bakamla Aceh dapat saling mendukung kegiatan operasi yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Aceh dan lembaga pemerintah Provinsi Aceh.

Selain itu, pembahasan berlanjut mengenai maraknya peredaran narkotika yang semakin meluas di kalangan masyarakat dan penangkapan ikan secara ilegal. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...