free page hit counter

Satu-satunya Warga Inggris yang Boleh Tak Punya SIM ialah Ratu Elizabeth II

Loading...

Suarasiber.com – Surat izin mengemudi adalah syarat utama bagi seseorang yang mengendarai kendaraan di jalan. Kalau kedapatan tak memilikinya, bisa kena tilang. Dunia pun menerapkan hal yang sama meski tekniknya berbeda.

Namun tidak demikian di Inggris. Dikabarkan oleh Express, ternyata Ratu Elizabeth II tidak pernah mengurus SIM dan itu memang tidak diharusnya terhadapnya. Ia adalah satu-satunya warga Inggris yang tak membutuhkan SIM lantaran seluruh SIM dikeluarkan atas persetujuannya.

Meski tidak terlalu sering, namun di usianya yang senja Ratu masih beberapa terlihat menyetir mobilnya sendiri.

SIM tidak diperlukan Ratu karena pengalamannya yang berkaitan dengan dunia otomotif. Saat Perang Dunia II, ia sudah mulai menyetir mobil. Bahkan ketika Inggris tengah berperang di bawah kepemimpinan Raja George VI, Ratu mengabdikan dirinya sebagai tentara angkatan darat sukarela Inggris.

Ia sudah dilatih berkendara oleh sopir andal. Demikian juga soal mesin, ia diajari mekanik berpengalaman. Banyak yang percaya Sang Ratu bisa memperbaiki sendiri mobilnya.

Kawasan Balmoral, Skotlandia adalah tempat di mana ia sering menyetir sendiri. Namun kini publik tak akan pernah lagi melihat Ratu menyetir mobil lagi.

Selamat jalan Ratu Elizabeth II. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...