free page hit counter

Lahan Jadi Kendala Pengembangan Balai Benih Ikan di Kabupaten Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mendampingi rombongan Komisi IV DPR RI ke Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Pengujan, Teluk Bintan, Kamis (15/9/2022).

Peninjauan ini dilakukan uasi rombongan wakil rakyat dari Senayan ini meninjau lokasi bekas tambang bauksit.

Kepada Komisi IV DPR RI yang dipimpin Sudin SE, Roby Kurniawan pun menyampaikan kendala terkait pengembangan BBI di wilayah yang ia pimpin. Kendala itu ialah lahan dan jumlah benih.

“Kendalanya itu lahan dan jumlah benih ikan (terbatas) untuk pengembangan BBI Ini. Kita akan cari lokasi-lokasi lain, lahan yang lebih strategis. Jadi, ketika ada investor budi daya perikanan, kita sudah punya lahannya,” kata Roby.

Roby mengatakan pemijahan jenis ikan berkualitas ekspor dan budi daya perikanan di Bintan, tidak terlalu signifikan. Tapi terus mengalami kemajuan. Padahal, wilayah geografis Bintan dapat menjadi pendukung utama dalam budi daya perikanan.

Upaya itu disambut baik oleh Komisi IV DPR RI. Bahkan, Komisi IV DPR RI berjanji, akan menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk memperluas jaringan perikanan budi daya di seluruh Indonesia. Termasuk Kepulauan Riau dan Kabupaten Bintan.

Meskipun wewenang perikanan dan wilayah laut saat ini berada di bawah pemerintah provinsi. Namun, tak menghalangi semangat Roby untuk mendukung pengembangan sektor perikanan. Tentu muaranya akan berdampak pada kenaikan grafik perekonomian masyarakat.

Ditegaskan olehnya, SDM andal yang paham budidaya perikanan ada di Bintan. Persoalannya hanya pengelolaan ke depan, disertai regulasi yang memudahkan kemajuan dunia perikanan. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...